Dirjen Pendis saat menyampaikan sambutan

Dirjen Pendis saat menyampaikan sambutan

Jakarta (Pendis) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 tingkat nasional akan 10-14 Oktober 2022 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Pembukaan akan secara resmi dibuka oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) besok, Senin (10/10).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani berpesan agar seluruh peserta dapat berkompetisi dengan maksimal. Menurut Ramdhani, dalam masyarakat umum, dalam ajang kompetisi akan menghasilkan dua kelompok masyarakat, yakni yang menang dan yang kalah. Namun dalam ajang KSM ini, tidak ada menang dan kalah, yang ada hanya the winner (pemenang) dan the learner (pembelajar).

“Dalam kompetisi ini akan tercipta dua kelompok yaitu the winner (pemenang) dan the learner (pembelajar),” ucap Ramdhani, saat gala dinner di Jakarta, Minggu malam (09/10/2022).

Saat ini, tutur Ramdhani, madrasah sudah menjadi pilihan masyarakat luas. Dibawah naungan Kementerian Agama madrasah saat ini sangat luar biasa.

“Perhatian terhadap madrasah kita berat, tapi jika ingin berbuat kebaikan maka akan ada 1000 cara untuk mengungkit dan mengangkat martabat kita,” ungkap Guru Besar UIN Bandung. 

“Bapak Ibu Kepala Kanwil se-Indonesia, tanamkan kepada anak-anak peserta KSM 2022 ini, jika belum menang maka tanamkan bahwa saya adalah orang yang belum belajar,” lanjutnya.

Ramdhani berharap, KSM 2022 akan berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti serta menghasilkan insan-insan berprestasi dan hasil yang terbaik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar selaku tuan rumah menyampaikan selamat dating kepada para peserta KSM 2022. Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dalam segala penyambutan.

“Selamat datang para Kepala Kanwil se-Indonesia, selamat datang para peserta KSM 2022, selamat berkompetisi dan sukses untuk kita semua,” tutupnya.