Dirjen Pendis Lantik 4 Pejabat Eselon III

Dirjen Pendis Lantik 4 Pejabat Eselon III

Jakarta (Pendis) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI Kamaruddin Amin melantik 4 (empat) pejabat eselon III di lingkungan Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, di Jakarta Rabu (03/10).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dihadiri Sekretaris Ditjen Pendis, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktur Kurikulum Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah dan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI).

"Bapak dan Ibu yang baru saja dilantik menerima amanah jabatan baru karena dianggap memiliki kemampuan manajerial yang baik. Untuk itu saya berpesan memimpinlah dengan hati, seperti kata bijak "lead by heart and manage by head", harus seimbang antara rasa dan pikiran," ucap Kamaruddin Amin saat menyampaikan sambutan pelantikan.

Menurut Kamaruddin, sebagai pemimpin kita punya bawahan maka perlakukan bawahan dengan penuh rasa, perasaan dan rasionalitas serta menjalin komunikasi interaksi birokrasi dengan semangat kekeluargaan dan emosi yang produktif karena sejatinya kita memiliki tujuan bersama untuk organisasi, penting bagi kita menerapkan "lead as father".

Memimpinlah layaknya seorang bapak kepada seluruh bawahan kita, sehingga kita dapat memahami dan mengerti segala kelemahan, kekurangan dan kekuatan serta kelebihan pegawai sebagai aset yang kita miliki, jelas Kamaruddin.

Selain itu juga, kita juga punya atasan yang mengharuskan kita untuk menggunakan rasio dan perasaan secara seimbang agar kinerja yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan mengolah segala potensi dirinya, seperti potensi rasa, potensi rasio, potensi ruh dan potensi hati atau perasaan, juga membuang arogansi diri agar dapat mempersembahkan kinerja terbaiknya untuk, diri sendiri, lingkungan kerja, birokrasi maupun organisasi, ucapnya.

Kamaruddin mengingatkan, seorang pemimpin jangan hanya hebat untuk dirinya sendiri secara personal tetapi tidak hebat ketika bekerjasama dalam tim. Ketika kita berinteraksi bersama orang lain, maka akan terlihat segala kelebihan dan kelemahan kita, hendaknya kelebihan dapat kita rawat dan kelemahan dapat kita perbaiki guna mempersembahkan kinerja terbaik kita untuk organisasi Kementerian Agama yang kita cintai ini, tegasnya.

Berikut nama pejabat eselon III yang dilantik:
1. Rahmawati, S.Psi, MM sebagai Kepala Subdirektorat Pendidikan Agama Islam pada SMP/SMPLB Direktorat Pendidikan Agama Islam
2. Drs. H. Irhas Sobirin sebagai Kepala Subdirektorat Pendidikan Diniyah Takmiliyah pada Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren
3. Abdullah Faqih, MA,M.Ed sebagai Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerjasama pada Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah
4. Dra. Nanik Puji Hastuti, M.Si sebagai Kepala Subdirektorat Kesiswaan pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah

(Hikmah/dod)


Tags: