Dirjen Pendis: PW PTK sebagai Ajang Solidaritas dan Kerjasama antar PTK di Indonesia

Dirjen Pendis: PW PTK sebagai Ajang Solidaritas dan Kerjasama antar PTK di Indonesia

Kendari (Pendis) - Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) XIII Tahun 2016 diikuti oleh peserta sejumlah 2000 orang yang berasal dari 55 PTKIN seluruh Indonesia, PTKI Swasta, PTK Negeri Non-Islam, mahasiswa asing dan ambalan Kab./Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara. Pernyataan tersebut disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin selaku penanggungjawab kegiatan dalam pembukaan PW XII di Tugu Religi Kota Kendari, Senin (16/05/16).

Hadir dalam pembukaan PW PTK XIII, Menteri Agama RI, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, Ketua Gerakan Pramuka Nasional, Rektor/Ketua PTKIN se-Indonesia, Rektor PTKN Non-Islam dan juga PTK Swasta.

Lebih lanjut Dirjen Pendis Kamaruddin Amin menyatakan, kegiatan Pramuka merupakan instrumen untuk penanaman nilai yang penting seperti pengetahuan dan ketrampilan sebagai trilogi pendidikan dan juga nilai keberpihakan kepada pihak yang lemah melalui aksi-aksi pengabdian pada masyarakat. Ditambahkan oleh Dirjen, even 2 tahunan ini, sangat strategis untuk menumbuhkan solidaritas dan kerjasama antar PTKIN, PTKI Swasta dan PTK Negeri Non-Islam.

Secara garis besar, dijelaskan oleh Kamaruddin Amin, akan ada beberapa kegiatan dalam PW PTK XIII Tahun 2016 ini, antara lain: Deklarasi Persaudaraan Semesta Antar Agama, Budaya Etnis dan Bangsa; Bedah Rumah dan Homestay; Senam Tongkat dengan Peserta Terbanyak dan Terpanjang, Pawai Etno Karnaval, Hasil Karya Mahasiswa; Pentas Seni Budaya Nusantara; dan lain-lain.

Terakhir Dirjen berpesan kepada peserta, agar menggunakan kegiatan PW PTK XIII untuk saling berbagi, membangun kesepahaman, mengaji dan mengkaji ilmu pengetahuan, melakukan riset dan rihlah ilmiah serta meneguhkan komitmen kebangsaan dan ke-Indonesiaan.

Hal yang menarik dari suasana pembukaan PW PTK XIII Tahun 2016 sempat diwarnai hujan gerimis, namun tidak menyurutkan semangat peserta untuk bertahan di lokasi upacara sampai dengan selesainya upacara pembukaan.

[a-khan/dod]


Tags: