Ditjen Pendis Gelar Grand Final Guru Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional

Ditjen Pendis Gelar Grand Final Guru Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional

Bandar Lampung (Pendis) Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) menggelar Grand Final Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berpretasi Tingkat Nasional tahun 2019.

Grand Final Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berpretasi Tingkat Nasional tahun 2019, diikuti oleh 55 Nominator dari seluruh Indonesia. 55 nominator dibagi dalam 11 kategori, yaitu; Kategori Guru MA, Kategori Guru MTs, Kategori Guru MI, Kategori Guru RA, Kategori Kepala RA, Kategori Kepala MI, Kategori Kepala MTs, Kategori MA, Kategori Pengawas, Kategori Pustakawan, dan Kategori Laboran. Masing-masing kategori terdiri dari 5 peserta.

Kasubag TU GTK Madrasah, Sidik Sisdiyanto, menjelaskan bahwa Anugerah Guru Berprestasi bertujuan mendorong dan meningkatkan motivasi guru, kepala madrasah, pengawas madrasah, laboran dan pustakawan untuk meningkatkan kinerja secara professional.

"Kemenag ingin hadir di tengah-tengah guru dan tenaga kependidikan madrasah, dengan memberikan penghargaan atas dedikasi, kompetensi, kinerja dan prestasi tinggi," tutur Sidik Sisdiyanto dalam Pembukaan Grand Final Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berpretasi Tingkat Nasional di Bandar Lampung, Rabu (20/11).

Dikatakan Sidik, 55 nominator yang lolos tingkat nasional, merupakan peserta yang telah mengikuti proses seleksi dimulai dari jenjang Satker Madrasah, Kankemenag Kab/Kota, dan Kanwil Kemenag Provinsi.

Ditingkat Nasional, lanjut Sidik, peserta melewati tiga tahap, yaitu tahap pertama berupa penilaian terhadap dokumen portofolio dan karya tulis, tahap kedua merupakan tahapan verifikasi dan klarifikasi.

"Grand Final, merupukan tahapan ketiga, dimana peserta akan diberikan tes tulis. Selain itu peserta juga akan diminta mempresentasikan karya tulis, serta kemampuan bahasa asing dan wawancara," jelas Sidik.

Grand Final Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berpretasi Tingkat Nasional digelar selama tiga hari, 20-22 November 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian puncak peringatan Hari Guru Nasional 2019 yang akan digelar 23 November 2019 di Bandar Lampung.

(M Yani)


Tags: