Dosen Perlu Pahami Kebutuhan Mahasiswa

Dosen Perlu Pahami Kebutuhan Mahasiswa

Hal ini disampaikan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr DYP Sugiharto MPdKons dalam pembukaan lokakarya Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) di Universitas Muria Kudus (UMK), Selasa (9/2).

Dia menyebutkan, yang harus dilakukan dosen dalam mendidik adalah meningkatkan pemahaman, penyadaran, hingga pelayanan kepada mahasiswa dengan menghargai perbedaan individual yang ada.

Menurutnya, kondisi kelas di kampus sangat kompleks. "Berbeda dengan kelas di sekolah dasar dan menengah. Kampus lebih plural dan kompleks," tuturnya dalam lokakarya yang digelar Lembaga Pendidikan (Lemdik) UMK di ruang seminar Lantai IVGedung Rektorat UMK.

Prof DYPSugiharto mengibaratkan tugas mendidik itu seperti menyapu lantai. "Syarat menyapu lantai yang baik, yaitu sapunya harus bersih dan tahu cara menyapu. Kalau pekerti itu ibarat menyapu lantai, maka bersihnya lantai berada dalam integritas kita sebagai dosen," ungkapnya.

Dia memberikan tips mendidik mahasiswa yang baik bisa dengan memahami kebutuhan dasar manusia sebagaimana yang lainnya. "Kebutuhan dasar itu adalah ingin dipahami, ingin dihargai, dan didudukkan sebagai seorang yang bernilai," katanya.

Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psi dari Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah mengatakan, dosen harus bisa memberikan motivasi belajar dan mengaplikasikan ilmu dalam kondisi riil di masyarakat. Rektor UMK Dr Suparnyo SH MS mengemukakan, lokakarya ini dalam rangka meningkatkan kualitas tridharma perguruan tinggi. Kegiatan tersebut diikuti 51 dosen.Narasumber lainnya Prof Dr Sunandar MPd, Dr Retnaningtyastuti MPd, dan Sugeng Slamet STMT. (H76-37)


Tags: