DPR Bahas Anggaran UN Mulai Besok

DPR Bahas Anggaran UN Mulai Besok

www.tempo.co, Jakarta - Komisi Pendidikan DPR memastikan pembahasan anggaran Ujian Nasional kembali dimulai pekan ini. Pembahasan sempat tertunda dua kali pertemuan karena pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dinilai tidak siap.


"Akan kembali dibahas pada 17 Oktober ini," ujar Ketua Komisi Pendidikan Agus Hermanto kepada Tempo, Selasa, 15 Oktober 2013. Dia membenarkan rapat dengar pendapat dengan pejabat eselon satu Kemendikbud sempat tertunda dua pekan.


Agus mengatakan penundaan itu terjadi karena pihak kementerian belum siap. "Tapi ada juga inisiatif penundaan dari kami, karena ada agenda yang bentrok." Soal nominal anggaran UN 2014, Agus menyatakan belum tahu. "Saya tidak hafal detailnya," kata dia. Agus berujar dia tetap yakin anggaran bisa diputuskan tepat waktu pada akhir Oktober ini.


Anggota Komisi Pendidikan Dedi Gumelar menyatakan penundaan pembahasan sempat menimbulkan protes. Sebagian anggota komisi saat itu tengah berada di daerah pemilihan dan buru-buru ke Jakarta karena ada rapat. "Tahu-tahu rapatnya dibatalkan tanpa alasan yang jelas," ujar politikus PDI Perjuangan ini.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun membenarkan adanya penundaan pembahasan anggaran itu. "Belum dibahas," ujar Sekertaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim kepada Tempo. Namun Ainun tak merinci alasan penundaan itu saat ditanya lebih lanjut.


Tags: