Siswi MAN 1 Darussalam Ciamis Dewi Sri Utami jadi Pembicara di Mini Japanese Speakers' Forum 2023

Siswi MAN 1 Darussalam Ciamis Dewi Sri Utami jadi Pembicara di Mini Japanese Speakers' Forum 2023

Darussalam Ciamis (Pendis) – Siswi kelas XI IPS 2 di MAN 1 Darussalam Ciamis Dewi Sri Utami berhasil terpilih sebagai salah satu pembicara utama dalam kegiatan Mini Japanese Speakers' Forum 2023 yang akan membahas terkait mitigasi bencana. Acara ini diadakan di Kota Bandung, Jawa Barat pada 10-12 November 2023.

Japanese Speakers' Forum atau biasa disebut “JS Forum” adalah sebuah wadah untuk Mengasah keterampilan berbahasa Jepang, dan Keterampilan abad 21 khususnya 4C (Collaboration, communication, Critical Thinking, Creativity) sebagai model pembelajaran kurikulum merdeka, yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation Jakarta yang bekerja sama dengan Kamenori Foundation.

Dewi yang hobi nonton anime Naruto ini menceritakan pengalamanya dimulai dari tahap seleksi dan pelaksanaan kegiatan.

“Alhamdulilah pengalaman yang sangat berkesan dan luar biasa, sejak beberapa tahun saya memang telah menunggu event ini hadir di Jawa Barat,” tutur Dewi

Event ini diikuti oleh seluruh sekolah tingkat SLTA di Jawa Barat dengan beberapa tahap seleksi terbuka dimulai dari registrasi pendaftaran hingga membuat essay terkait mitigasi bencana. Setidaknya ada 80 peserta yang dinyatakan lolos tahap ini, mereka yang lolos dituntut membuat kembali video berbahasa Jepang terkait hal yang dilakukan ketika terjadi bencana dan selanjutnya dinyatakan lulus tahap akhir. 

"Jadi total pesertanya da 24 siswa dan hanya saya sendiri yang berasal dari Madrasah Aliyah,” sambungnya.

Selama dua hari Dewi dan peserta lainnya berdiskusi terkait mitigasi bencana dengan memakai bahasa Jepang. Selain itu, mereka juga diharuskan membuat sebuah produk yang kreatif serbaguna dan simple dipakai saat terjadi bencana alam. 

"Pokoknya luar biasa bahasa Jepang semakin terasah dan menambah kosakata baru sehingga ini jadi motivasi untuk terus belajar lebih dalam bahasa Jepang,” pungkas Dewi.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis, Idan Nurdiana mengaku bangga dan bersyukur dengan potensi peserta didiknya.

“Bakat dan potensi Dewi ini memang bagus, langka, dan harus terus diasah dan dikembangkan, bahasa Jepang apalagi salah satu bahasa yang cukup sulit dipelajari apalagi Dewi belajar secara otodidak,” tuturnya.

“Selamat dan sukses untuk ananda Dewi yang telah membuktikan diri menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Mini Japanese Speakers' Forum 2023 dan mampu bersaing dengan peserta lain dari berbagai daerah dengan tahapan seleksi yang ketat. Semoga terus berprestasi di event lainya serta memberikan motivasi kepada peserta didik lainnya,” pungkas Idan.