Perkuat Kelembagaan Fakultas dan Prodi, FSEI lakukan Benchmarking ke UIN Raden Fatah Palembang.

Perkuat Kelembagaan Fakultas dan Prodi, FSEI lakukan Benchmarking ke UIN Raden Fatah Palembang.

Bangka (Pendis). Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri( IAIN )Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melaksanakan Benchmarking ke UIN Raden Fatah Palembang.

Kunjungan benchmarking ini secara keseluruhan telah melibatkan 18 dosen FSEI yang dibagi kedalam dua tim untuk berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan Benchmarking FSEI ini dipimpin langsung oleh Dekan Iskandar Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Lantai 3 FSH UIN Raden Fatah, Rabu,30/5/2023.

Adapun kunjungan tim Benchmarking ke FSH UIN Raden Fatah Palembang telah disambut langsung oleh pejabat Fakultas, beberapa diantaranya adalah Wakil Dekan  I Muhammad Thoriq dan Wakil Dekan Tiga, Dr. Siti Rachmiatun, M.H. serta segenap pejabat Prodi dan dosen.

Dekan FSEI IAIN SAS Babel Iskandar yang diwakili Wakil Dekan I Rahmat Ilyas menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah untuk benchmarking terkait tata kelola administrasi, pelaksanaan kegiatan serta peningkatan akreditasi akademik prodi.

Ia menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari pihak FSH UIN Raden Fatah Palembang disampaikan juga hal-hal penting yang menjadi dasar dalam kunjungan Benchmarking ini, diantaranya adalah harapan saling bersinerginya antar PTKIN, yang bertujuan untuk kebaikan berbagai pihak, baik secara lembaga, antar PTKIN, dan sesama dibawah naungan Kementerian Agama demi Indonesia yang maju dan lebih baik.

Adapun perwakilan sambutan dari pihak FSH UIN Raden Fatah Palembang disampaikan langsung oleh Wakil Dekan I   Muhammad Thoriq menyampaikan permohonan maaf karena Dekan FSH UIN Raden Fatah Palembang,  Muhammad Harun  masih belum dapat menyambut kunjungan ini secara langsung karena sedang melaksanakan ibadah haji ke tanah suci, serta beberapa pejabat prodi dan dosen yang juga tengah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ke berbagai kabupaten di Sumatera Selatan.

Ia juga menjelaskan kondisi FSH UIN Raden Fatah Palembang saat ini dimulai dari raihan akreditasi tiap prodi baik secara nasional maupun internasional, jumlah dosen dan sebarannya, dan adanya beberapa dosen yang telah diberi amanah sebagai asesor akreditasi perguruan tinggi, serta berbagai fasilitas yang dimiliki, mulai dari laboratorium fakultas hingga jurnal-jurnal yang dikelola oleh masing-masing prodi. Acara sambutan diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh kedua belah pihak dan Foto Bersama.

Setelah acara sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian dua tim kecil FSEI.  Kedua tim tersebar untuk mengunjungi dua prodi yang ada di FSH, yakni Prodi Hukum Keluarga Islam dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah.

Terdapat banyak informasi yang saling dibagikan oleh kedua prodi tersebut, seperti tips dan trik dalam menghadapi akreditasi, strategi untuk melaksanakan kegiatan atau kunjungan secara efektif sehingga langsung mendapatkan dua hingga tiga output item dalam pengisian borang akreditasi, serta keseriusan fakultas dan prodi untuk memberi kemudahan dalam melayani mahasiswa yang tercermin dari pedoman akademik, pedoman skripsi, katalog sebaran mata kuliah, serta penjelasan mengenai alur pengajuan tugas akhir mahasiswa.

Pada saat yang bersamaan, prodi Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah, dan Pariwisata Syariah juga melakukan kunjungan kelembagaan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang yang berlokasi di Kampus B, Jakabaring. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam  Iskandar

Pihak FEBI UIN Raden Fatah Palembang menyambut hangat kedatangan tim FSEI IAIN SAS Babel. Tim IAIN disambut langsung oleh Dekan, Wakil Dekan 3, pimpinan prodi, serta para dosen di lingkungan fakultas ekonomi dan bisnis Islam.

Selama kegiatan berlangsung, pihak FEBI memberikan banyak informasi penting terkait pengelolaan fakultas, SOP perkuliahan, dan juga pedoman-pedoman ujian.

Benchmarking ini merupakan implementasi dari MoA yang telah ditandatangani oleh pimpinan Lembaga beberapa waktu lalu.

Adapun tindak lanjut yang akan diadakan, sebagai hasil dari Bencmarking ini: seperti kegiatan visiting Lecturer, webinar dan sinergi penguatan Penelitian dengan membuka akses penerbitan artikel pada jurnal-jurnal yang ada pada masing-masing Fakultas.