Direktur PAI, Amrullah saat memberikan arahan

Direktur PAI, Amrullah saat memberikan arahan

Kota Tangerang (Pendis) – "Moderat Sejak Usia Dini" menjadi tema yang dipakai dalam Gebyar PAI TK tahun 2023. Tema ini diyakini memiliki relevansi yang kuat karena usia dini merupakan momentum penting dalam menanamkan nilai-nilai dasar dan karakter individu yang diperlukan kemudian hari, salah satunya adalah nilai moderasi beragama. 

Hal demikian merupakan benang merah yang mengemuka dari pelaksanaan Babak Penyisihan Lomba Gebyar PAI TK yang dilaksanakan di Kota Tangerang pada 21 – 23 September 2023. 

Dalam sambutannya, Direktur PAI, Amrullah menyampaikan apresiasi dan harapannya atas pelaksanaan kegiatan ini. "Kami sangat mengapresiasi semangat yang ditunjukkan para peserta dan para pembimbing acara Gebyar PAI TK ini. Membina dan mengarahkan siswa TK tentu memerlukan upaya yang lebih daripada siswa pada jenjang usia lainnya," ujarnya. 

"Saya berharap, para peserta lomba, baik dari para siswa maupun guru TK dapat mengikuti lomba ini dengan penuh semangat, kebersamaan, dan kegembiraan dengan tetap menjunjung dan memedomani petunjuk teknis Gebyar PAI TK," lanjutnya penuh harap. 

Meski dengan segala keterbatasan dan kesulitan yang ada, Amrullah berharap agar pelaksanaan kegiatan ini tetap bisa berjalan dengan maksimal dan lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Gebyar PAI TK,  Lelis Tsuroya Herniatian menjelaskan, bahwa latar belakang dan tujuan pelaksanaan Gebyar PAI TK tahun 2023 ini 

"Gagasan moderasi beragama telah menjadi salah satu perhatian utama Kementerian Agama beberapa tahun terakhir. Wujudnya, moderasi beragama menjadi program prioritas Kementerian Agama yang terus didengungkan dan didesiminasikan pada berbagai program dan kebijakan. Perihal demikian menjadi latar penting pelaksanaan Gebyar PAI TK ini," jelasnya. 

Kasubdit PAI pada PAUD-TK,​​ Lelis menerangkan, Gebyar PAI TK ini mengambil tema "Moderat Sejak Usia Dini". Tema ini, menurutnya, merefleksikan tekad Kementerian Agama untuk membekali anak didik TK – PAUD dengan semangat moderasi beragama sejak dini. 

"Kami meyakini, semangat moderat sejak usia dini akan memengaruhi pandangan mereka tentang keberagamaan dan keberagaman hingga mereka dewasa nantinya. Ini yang melandasi tujuan pelaksanaan kegiatan ini," ungkapnya. 

Secara teknis, Lelis juga menjelaskan bahwa terdapat kendala teknis untuk mengakses aplikasi Sistem Informasi Adminsitrasi Guru Agama (SIAGA) yang dijadikan basis registrasi peserta lomba, terutama bagi para GPAI TK. Namun demikian, kendala tersebut dapat diatasi dengan baik.

Dirinya juga menjelaskan Kategori Lomba yang dilaksanakan, yakni  Lomba Karya Inovasi Pembelajaran PAI di TK dan Lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama (Versi Anak) yang diperuntukkan bagu Guru TK. Lomba lainnya adalah Da’i Cilik (Putra/Putri) dan Hafalan Surat Pendek (Putra/Putri) untuk siswa TK. 

Nantinya, para pemenang babak penyisihan ini akan mementaskan dan unjuk kebolehan secara langsung pada final Gebyar PAI TK yang akan dijadualkan akan diselenggarakan di Tangerang Selatan pada awal Oktober. 

Kegiatan Babak Penyisihan Lomba Gebyar PAI TK ini dihadiri oleh seluruh Kasubdit di Direktorat PAI, Kasubag TU, para PTP, para dewan juri dan panitera, serta panitia Gebyar PAI TK 2023. 

Di akhir sambutannya, Lelis mengenalkan para dewan juri dan panitera yang terlibat dalam pelaksanaan Lomba Gebyar PAI TK 2023 kepada para peserta kegiatan baik luring maupun daring. 

(Wahid/Arisa)