Guru Antusias Ikut Lomba Inovasi Pembelajaran 2019

Guru Antusias Ikut Lomba Inovasi Pembelajaran 2019

Surabaya (Pendis) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melakukan seleksi peserta Lomba Inovasi Pembelajaran tahun 2019 pada 4 hingga 6 November 2019. Abdul Wafi, Kasi PTK, mengatakan bahwa meskipun pengumunam yang disampaikan ke Seksi Pendidikan Madrasah kabupaten/kota mendadak, antusias guru untuk mengikuti lomba tersebut luar biasa. "Di luar dugaan, pesertanya mencapai 209 guru. Tampaknya para guru sangat antusias," Kata Abdul wafi.

Menurut Kepala Bidang pendidikan Madrasah, Akhmad Sruji Bahtiar, bahwa lomba inovasi pembelajaran ini sebagai wujud pelaksanaan Gerakan Ayo membangun Madrasah (GERAMM) melalui program peningkatan kompetensi guru (Kata Si Guru).

Bahtiar menyambut gembira antusiasme guru untuk mengikuti lomba ini. Ia mengungkapkan bahwa hal ini membuktikan bahwa banyak guru yang sudah berusaha untuk berinovasi dalam pembelajaran baik dalam penerapan metode, strategi, dan model pembelajaran maupun media pembelajaran.

Lomba inovasi pembelajaran tahun 2019 ini terdiri dari tiga ruang lingkup bidang yaitu PAI dan Bahasa Arab, Matematika dan IPA, dan Sosial dan Humaniora. Dari tiap ruang lingkup bidang lomba akan dipilih empat peserta terbaik untuk dikirim ke tingkat nasional.

Ada dua tahapan seleksi yang dilakukan oleh Seksi PTK; pertama adalah penilaian dokumen laporan karya inovasi (LKI) untuk memilih 10 karya inovasi terbaik pada tiap ruang lingkup bidang dan kedua adalah penilaian presentasi 10 karya inovasi terbaik dari tiap ruang lingkup bidang untuk memilih 4 karya inovasi terbaik dari tiap bidang untuk mewakili Jawa Timur di tingkat nasional.

Penilaian laporan LKI dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 5 November 2019, dan penilaian presentasi dilaksanakan pada hari Rabu (6/11).


Tags: