Pelaksanaan Grand Final Madrasah Fest 2023

Pelaksanaan Grand Final Madrasah Fest 2023

Tangerang (Pendis) - Kompetisi Madrasah Fest 2023 memulai pelaksanaan grand final hari ini, Jum'at (11/08/2023). Gelaran ini secara khusus memiliki tujuan menyediakan wadah bagi siswa madrasah baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang ilmu keagamaan.

Harapannya, kapasitas siswa semakin berkembang sesuai bakat dan minat di bidang keagamaan sehingga dapat berkreasi dan mengembangkan keterampilan keagamaan yang moderat. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan ghirah siswa madrasah untuk selalu mengasah kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Beberapa cabang yang diperlombakan hari ini diantaranya, Memorizing Holy Qur'an (MHQ) yang merupakan perlombaan untuk mengapresiasi para penghafal Al-Qur’an di semua tingkatan pendidikan Madrasah yaitu tingkat MI, MTs, dan MA.

Berikutnya, cabang Reciting Holy Quran (RHQ) yang merupakan lomba untuk menggali bibit-bibit potensial generasi milenial (khususnya siswa/i Madrasah) dalam bidang Tilawatil Qur’an, dan untuk melahirkan qori/qoriah yang berkualitas serta mempersiapkan generasi qur’ani untuk menuju Indonesia emas.

Explaining Holy Qur’an (MHQ), lomba yang diselenggarakan untuk mengembangkan kemampuan siswa madrasah dalam menalar dan menjelaskan kembali makna-makna ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an. Lomba ini diselenggarakan dalam dua tingkatan, yaitu MTs dan MA.

Selanjutnya, Calligraphy Fest, lomba yang diselenggarakan untuk mengembangkan siswa madrasah untuk menuangkan kreativitas dalam menulis ayat Al-Qur’an, Kalimat Tayyibah/Asmaul Husna. Lomba ini diselenggarakan dalam tiga tingkatan, yaitu MI, MTs dan MA.

Terakhir, cabang lomba yang digelar hari ini ialah Islamic Trending Issue Debate Contest yang merupakan lomba untuk memotivasi siswa madrasah memiliki berbagai cara untuk memandang isu-isu public yang berkembang dengan wawasan keagamaan yang mumpuni. Perlombaan tersebut akan diikuti siswa MA tanpa pengkategorian kelas putra dan kelas putri.

Adapun kelanjutan final akan dilaksanakan hari esok, Sabtu (12/08/2023) beserta cabang lomba lainya, yakni Memorizing Hadist Contest, Voice of Arabic (VoA), Student Chef serta Creative design fest.