Haul Masyayikh, Muwasholah HIMMAHKU dan Peringatan 1 Abad Pondok Pesantren Salaf APIK Kaliwungu Kendal

Haul Masyayikh, Muwasholah HIMMAHKU dan Peringatan 1 Abad Pondok Pesantren Salaf APIK Kaliwungu Kendal

Kendal (Pendis) - Jelang 1 Abad berdirinya Pondok Pesantren APIK di Dusun Kauman Desa Krajan Kulon Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah, menggelar haul akbar para masyayikh. Muwasholah alumni HIMMAHKU (Himpunan Mutakhorrijin Madrasah Mahad APIK dan Humaidulloh Irfan Kaliwungu). Ribuan alumni dari berbagai daerah di Indonesia dan masyarakat sekitar pesantren, antusias menghadiri haul KH. Irfan bin Musa, KH. Ahmad Ru`yat dan sejumlah pengasuh pesantren lainnya.

Rangkaian Harlah 1 Abad pondok salaf tersebut berpusat di Masjid Jami` Al-Muttaqien di kompleks pondok pesantren APIK Kauman Kaliwungu. Berbagai kegiatan digelar pihak penyelenggara, mulai dari lomba Musabaqah Qiro`atil Kutub (MQK) se Jawa Tengah, Halaqah para alumni dan utusan pesantren se-Kabupaten Kendal yang di sampaikan oleh KH. Afifuddin Muhajir dari Situbondo Jatim, bazar rakyat, Muwasholah Alumni hingga ponpes APIK Kauman Bershalawat.

Kegiatan sosial hingga keagamaan ini dilakukan sejak kamis 13/12/2018 lalu hingga ahad 16/12/2018 . Adapun puncaknya adalah istighosah yang akan digelar di kompleks pemakaman pendiri dan pengasuh pondok pesantren APIK Kauman, dan Haul di Masjid Jami` Al-Muttaqien, atas kerjasama pihak yayasan pendidikan pesantren APIK dan masyarakat sekitar.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj awalnya dijadwalkan hadir pada acara haul Masyayikh Ponpes APIK Kauman, namun karena alasan kesehatan jadwal tersebut akhirnya dibatalkan.

Meski begitu, ketidakhadiran tokoh NU kharismatik ini tidak menyurutkan antusiasme alumni dan warga masyarakat, untuk tetap menghadiri pelaksanaan haul akbar pengasuh ponpes APIK Kauman. Hal tersebut terpantau dari banyaknya warga dan alumni yang telah memenuhi pondok pesantren salaf APIK Kauman sejak Kamis lalu.

Penanggung jawab harlah 1 Abad dan haul akbar masyayikh Pondok Pesantren Salaf APIK Kauman, KH. Ahmad Fadlullah Turmudi, menyebutkan bahwa suksesnya kegiatan tersebut atas kerjasama yang baik antara pihak Pondok Pesantren Salaf Apik, para alumni, dan masyarakat sekitar.

"Tujuan harlah 1 Abad dan haul akbar masyayikh Pondok Pesantren Salaf Apik ini tak lain untuk membawa dan memberikan manfaat kepada kita semua, hingga Sabtu malam panitia penyelengara telah mengkonfirmasi akan dihadiri sekitar 35 ribu orang baik dari alumni pondok pesantren maupun masyarakat," tegasnya.

Untuk kegiatan istighosah sendiri dilakukan pada ba`da subuh Ahad (16/12) pagi di kompleks pemakaman pendiri pondok pesantren salaf APIK Kauman, dan dilanjutkan di Masjid Jami` Al-Muttaqien hingga siang hari. (rafiq/dod)


Tags: