Hypno Teaching Dekatkan Guru dengan Siswa

Hypno Teaching Dekatkan Guru dengan Siswa

SEMARANG- Pencitraan guru bimbingan konseling (BK) dari dulu selalu dekat dengan siswa bermasalah.

Peran mereka kadang menjadi momok bagi peserta didik, sehingga sering ditakuti. Namun, dengan kemajuan metode mendidik, sekarang jarak antara guru BK dengan siswa menjadi tidak jauh melalui hypno teaching.

Hypno teaching atau bentuk penguasaan pikiran yang diterapkan saat mengajar atau mendidik siswa ini merupakan hal baru. Puluhan guru BK SMP se-Kota Semarang, belum lama ini mendapat pelatihan metode tersebut di SMK 6 Semarang.

Trainer dari BN Resources Muhammad Amin menjelaskan, hipnosis sama dengan brandstorming, yaitu penembusan faktor kritis dari pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya pemikiran atau sugesti tertentu.

"Langkah ini bisa digunakan dalam mendidik siswa di kelas dengan tujuan agar mereka dapat menerima pelajaran dengan baik dan serius. Metode ini dapat digunakan oleh guru BK, mengingat guru mapel tersebut harus memiliki kedekatan dengan siswa, dan tidak hanya mereka yang memiliki masalah," ungkapnya.

Bangun Komunikasi

Caranya adalah dengan membangun komunikasi antara guru dan siswa. Tips membangun komunikasi di antaranya dengan ice breaking, modalitas bahasa, lakukan kontak mata, sebut nama, kemudian pandai menggunakan bahasa tubuh, lakukan jeda secara teratur, dan tersenyum.

Pelatihan tersebut dilakukan dengan cara menyenangkan, artinya guru yang hadir mempraktikkan hypno teaching agar siswa mudah menerima pelajaran.

Sebagai penyelenggara, Kepala SMK 6 Semarang Ahmad Ishom mengatakan, pelatihan hypno teaching bagi guru BK sangat tepat dan strategis, sebab guru mapel tersebut juga dekat dengan siswa.

"Metode ini merupakan cara yang baru dalam menyampaikan pelajaran, sehingga dapat menjadikan daya tarik bagi guru agar semakin dekat dengan siswa," katanya.


Tags: