IAIN Salatiga Juarai  National Debate Competition 2019

IAIN Salatiga Juarai National Debate Competition 2019

Salatiga (Pendis) - Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Salatiga berhasil membawa pulang gelar juara dua National Debate Competition yang diselenggarakan oleh HMJ Ilmu Ekonomi Universitas Jember (31/8). Mereka adalah Dudi Agus Sutomo (Perbankan Syariah 2017), Galuh Tri Wahyuningsih (Akuntansi Syariah 2017) dan Ike Dwi Astuti (Perbankan Syariah 2017).

National Debate Competition yang mengusung tema "Implementasi Bisnis Halal dalam Pembangunan Ekonomi Nasional pada era Revolusi Industri 4.0" diawali dengan seleksi esai yang cukup ketat untuk lolos menjadi 16 besar tim yang akan berlaga pada kompetisi debat tersebut. 16 tim tersebut berasal dari berbagai universitas terbaik di Indonesia, diantaranya Universitas Airlangga, Universitas Lampung, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Jember, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Mataram, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor, dan STIE Perbanas.

Galuh Tri Wahyuningsih menuturkan bahwa keberhasilan tersebut tidak luput dari berbagai tantangan dan rintangan yang dihadapi dari masa persiapan hingga lomba berlangsung seperti sulitnya menyesuaikan jadwal latihan karena mereka berasal dari jurusan yang berbeda. Namun semua perjuangan terbayarkan dengan prestasi yang diraih.

Lebih lanjut, ia berharap tahun depan dapat berpartisipasi kembali dalam lomba serupa dalam jangkauan yang lebih luas misalnya lomba debat antar jurusan bukan hanya bidang ekonomi saja tapi bidang politik, sosial atau yang lainnya serta mampu mempersiapkan lomba dengan lebih matang sehingga tidak terpengaruh dengan adanya hambatan saat kompetisi berlangsung.

Sementara itu, secara terpisah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Salatiga, Anton Bawono memberikan apresiasi kepada para mahasiswa karena telah berhasil membawa gelar Juara Dua dalam ajang National Debate Competition yang diselenggarakan oleh HMJ Ilmu Ekonomi Universitas Jember, kemarin. Tentunya kedepan akan lahir mahasiswa berprestasi yang dapat bersaing baik di tingkat regional maupun nasional.

"Kami berharap bahwa ke depan akan lahir kembali mahasiswa-mahasiswa berprestasi sekaligus memgharumkan nama lembaga pada kompetisi-kompetisi nasional lainnya,"terang Anton usai memimpin apel pagi di Halaman Kantor Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Senin(02/9).


Tags: