Ibu Dian, Biro Kepegawaian Kemenag RI

Ibu Dian, Biro Kepegawaian Kemenag RI

Bangka (Pendis) - Kepegawaian IAIN SAS Babel, menyambut dan mengapresiasi terobosan Biro Kepegawaian Kemenag RI melalui program Coaching Clinic. Ini hal yang tepat dan efektif untuk membangun jalur percepatan kualitas layanan kepegawaian.

Di sisi lain, inovasi Biro Kepegawaian ini, telah menjadi wahana menyegarkan pengetahuan tentang dunia kepegawaian, baik yang bersifat teoritis, lebih-lebih berkait teknis. Dari inovasi ini, kita berharap layanan biro kepegawaian semakin maju, tepat guna, konstruktif, komunikatif, dan membawa berkah bagi masa depan ASN, khususnya di lingkungan Kemenag RI beserta Satker-Satkernya Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama telah meluncurkan program inovatif yang disebut "Ropeg Menyapa" sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan kepegawaian di Kementerian Agama.

Program ini bertujuan untuk memberikan solusi langsung terhadap pertanyaan dan permasalahan terkait dengan layanan Kepegawaian. Ropeg Menyapa melibatkan Coaching Clinic yang dilaksanakan secara daring, dengan melibatkan narasumber para Penanggung Jawab di Biro Kepegawaian.

Setiap kegiatan Coaching Clinic akan memfokuskan pada berbagai tema yang berkaitan dengan isu-isu terkini dalam layanan kepegawaian dan informasi yang disampaikan oleh Para Penanggung Jawab Tim Kerja di Biro Kepegawaian.

Topik-topik yang dibahas meliputi Layanan Digital Kepegawaian, Pemutakhiran Data Kepegawaian, Arsip Digital Kepegawaian, dan Sistem Informasi. Selanjutnya, Coaching Clinic Biro Kepegawaian Menyapa akan membahas berbagai layanan lain yang ditawarkan oleh Biro Kepegawaian, seperti pengadaan Calon Pegawai Sipil Negara (CASN), layanan mutasi, dan penilaian kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama.

Masmuni selaku Wakil Rektor II yang membidangi bagian Kepegawaian IAIN SAS Babel menilai program Ropeg Menyapa ini merupakan langkah yang signifikan dalam meningkatkan kualitas dan responsivitas layanan kepegawaian di Kementerian Agama. Hal ini juga menjadi konsens Wakil Rektor II untuk melakukan kegiatan serupa pada fakultas/unit/lembaga di lingkungan IAIN SAS Babel.

Dengan adanya Coaching Clinic, para pegawai di Kementerian Agama dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai aspek kepegawaian dan mengatasi permasalahan yang mungkin muncul.

Semakin terbuka dan transparannya proses komunikasi antara Biro Kepegawaian dan Satker Kemenag diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi semua pihak yang terlibat.

Inovasi dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama semoga menjadi jembatan percepatan aktivitas kepegawaian di Kementerian Agama terkait dengan segala macam proses mulai perekrutan pegawai baru, kenaikan pangkat, mutasi dan promosi dan segala yang berkait dengan para pegawai baik PPPK, PNS dan Pejabat struktural di Kementerian Agama.