Ikhtiar Putus Mata Rantai Penularan Covid-19, Siswa MAN IC Sambas Ikut Vaksinasi

Ikhtiar Putus Mata Rantai Penularan Covid-19, Siswa MAN IC Sambas Ikut Vaksinasi

Sambas (Pendis) – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sambas bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas melaksanakan program vaksinasi anak-anak dan remaja usia 12-17. Pelaksanan vaksinasi ini bekerja sama dengan Puskemas Terigas. Pelaksanaan vaksinasi ditujukan untuk seluruh siswa siswi dengan data tertulis sejumlah 267 siswa.

Kepala MAN IC Sambas, Mursidin mengatakan vaksin adalah ikhtiar untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19. Menurutnya, ini merupakan ikhtiar yang bisa kita lakukan agar nantinya, covid-19 tidak menghambat pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

"Saya berpesan, kepada suluruh masyarakat, jangan takut untuk vaksin. Dengan vaksin berarti kita sudah berusaha menyelamatkan nyawa kita, keluarga, negara dan bangsa," tegas Mursidin, di Sambas, Rabu,  (25/08/2021).

Mursidin mengaku, sebelum pelaksanaan vaksin dimulai, beberapa orang tua siswa kurang yakin dan bahkan ada yang meminta anaknya untuk tidak divaksin, namun setelah dilakukan edukasi tentang  vaksin akhirnya semua orangtua siswa menyetujui pelaksanaan vaksin.

Dikatakan Mursidin, pelaksanaan vaksin jenis sinovac ini dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 15.00 berjalan dengan lancar, nyaris tidak ada kendala. “Memang setelah di screening ada beberapa siswa yang tidak dapat divaksin diantaranya karena alergi dan tensi darah tinggi, namun tidak menghambat jalannya pelaksanaan vaksinasi,” jelasnya.

“Menurut pengamatan kami setelah divaksin tadi malam,  siswa merasakan ngantuk dan animo makan yang kuat, mungkin ini efek dari vaksin yang diterima,” imbuhnya.

Turut hadir dan memberi pengarahan kepala Puskesmas Terigas, Ersanto, beliau menyampaikan arahan kepada seluruh peserta vaksinasi bahwa dengan diberikan vaksin memiliki manfaat salah satunya mencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19. Di sela pengarahan, Ersanto  menerangkan apabila seseorang sudah terpapar covid akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu atau tidak menunggu selama 3 bulan.

Sebanyak 14 tenaga medis Puskemas Terigas dengan sigap melakukan vaksinasi. Proses pelaksanaan vaksinasi dilakukan tiga sesi untuk menghindari kerumunan. Sesi pertama dilakukan seluruh kelas X, kemudian di lanjutkan kelas XI dan XII. Jadwal vaksinasi kedua akan dilaksanakan pada 22 September 2021 mendatang. Kegaiatan vaksinasi ini dipantau langsung oleh satgas dari Polsek Sambas dan Polres Sambas. (Yuyun)


Tags: