Ikrar Kebangsaan Tandai Dimulainya Perkemahan Rohis II 2016

Ikrar Kebangsaan Tandai Dimulainya Perkemahan Rohis II 2016

Jakarta (Pendis) - "Bersediakah anak-anakku para Rohis menjadikan Rohis sebagai wadah untuk menumbuhkembangkan Islam yang damai dan toleran? Bersediakah anak-anakku para Rohis menjadi pelopor dalam mengampanyekan Islam yang rahmatan lil `alamin? Bersediakan anak-anakku para Rohis menjadi pelopor bagi generasi muda untuk mencintai negeri kita ini?" Spontan para Rohis menjawab, "Bersedia!"

Demikian seru Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, sebagai Ikrar Kebangsaan guna menyebarkan ajaran Islam damai, toleran serta cinta tanah air kepada para duaribu-an pengurus Rohani Islam (Rohis) beserta pendampingnya dari 34 propinsi se-Indonesia di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, Selasa (03/05/16) pagi.

Ikrar Kebangsaan, lanjut Menag, sengaja disampaikan dikarenakan ia ingin memastikan bahwa Rohis adalah generasi Islam di sekolah yang cerdas, cinta damai, cinta tanah air, dan pelopor Islam yang menebarkan rahmat kepada semesta alam.

"Seringkali mendengar informasi miring bahwa Rohis adalah tempat yang mudah untuk disusupi oleh gerakan-gerakan Islam radikal, tidak toleran, dan anti NKRI. Kecintaan anak-anak Rohis pada agama, dan kepribadian yang masih labil adalah alasan mereka menarget para Rohis ini sebagai wadah gagasan intoleran mereka," terang Lukman.

Oleh karena itu, lanjut putra Saifuddin Zuhri, Menteri Agama era Presiden Soekarno ini, para Rohis harus serius dalam mempelajari agama, jangan cepat puas dengan ilmu yang diperoleh, dan jangan mudah larut dengan pengajaran agama yang sempit, kaku, dan mudah menghakimi orang lain yang berbeda sebagai sesat atau kafir.

"Bung Karno, Mohammad Hatta, KH. Hasyim Asy`ari, KH. Ahmad Dahlan dan yang lainnya telah memberikan contoh kepada kita semua, bahwa mereka adalah pribadi yang sangat menghargai keragaman. Negeri kita ini bisa berdiri dengan kokoh dan rukun karena mereka tidak mudah menyalahkan yang lainnya," terang Lukman.

Turut hadir pada acara pembukaan Perkemahan Rohis ini Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Agama Islam Amin Haedari, Setditjen Pendis Ishom Yusqi, Deputi Kemenko PMK Agus Sartono, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia, para kepala dinas pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia dan para pembina dan pendamping Rohis dari seluruh Indonesia.

(@viva_tnu/dod)


Tags: