Ini Alasan Singapura Jadi Destinasi Edukasi

Ini Alasan Singapura Jadi Destinasi Edukasi

Jakarta (Suara Pembaruan) - Banyak pelajar Indonesia menjadikan Singapura sebagai destinasi edukasi mereka. Apa saja sebenarnya yang melatarbelakangi hal tersebut?

Sekretaris-Jenderal Management Development Institute of Singapore (MDIS) Dr R Theyvendran menyebut kualitas dan standarisasi menjadi alasan utamanya. Ia mencontohkan institusi pendidikannya yang memiliki delapan program studi sangat fokus terhadap masing-masing sektor industri.

Misalnya, School of Health and Life Sciences, yang melibatkan siswa-siswi untuk berpartisipasi langsung dalam proyek penelitian seperti "Analysing the Biodegradation Potential of Bacteria in Plastic"; sebagai bagian dari Green Wave Environmental Care Project yang diinisiasi oleh Pusat Perkapalan di Singapura.

Selain itu, Theyvendran juga mencontohkan School of Fashion & Design yang melibatkan siswa – siswinya untuk berpartisipasi langsung dalam acara-acara industri fashion ternama seperti Audi Fashion Festival, Jakarta Fashion Week, dan Malaysia Fashion Week. Bahkan, lulusan MDIS memiliki kesempatan besar untuk berkolaborasi dengan merek-merek internasional dunia seperti Dolce & Gabbana, Max Mara, GAP dan Bata.

"Kami juga memiliki studio fashion khusus bagi siswa dalam mengerjakan proyek mereka," ujar dia dalam keterangan persnya, Kamis (21/5).

Theyvendran menambahkan demi mencetak lulusan yang mumpuni dan siap bersaing secara global, institusi pendidikannya juga bekerja sama dengan universitas - universitas ternama di dunia dalam menyampaikan metodologi pembelajaran yang berkualitas, seperti Bangor University, UK, Grenoble Graduate School of Business, France, Oklahoma City University, USA, danSouthern Cross University, Australia.

Ditambah lagi, lanjut Theyvendran, Kultur dari kampus yang juga merupakan satu diantara batch pertama dari Lembaga Pendidikan Swasta (PEI) yang terdaftar di bawah Enhanced Registration Framework ini sudah sangat membaur. Mahasiswa tak hanya mendapat pelajaran di dalam kelas, bahkan dalam berinteraksi di luar kampus pun mereka berasimilasi dengan pelajar dari banyak negara.

Tidak hanya itu, Theyvendran mengatakan keberhasilan almunus kampus itu sendiri juga menjadi alasan yang tak kalah penting. Dengan banyaknya alumni yang mencetak keberhasilan di ranah bisnis masing-masing, secara otomatis membuat nama kampus MDIS turut baik. Contohnya, Gibran Rakabuming Raka, putra dari Presiden RI JokoWidodo, yang sukses dengan usaha catering berstandar internasional.

Menurutnya, hal tersebut karena pelajar akan dibimbing untuk mendapatkan arahan karier yang sesuai oleh Unit Pendampingan Karir (Career Assistance Unit), bagaimana caranya membangun koneksi dalam pencarian pekerjaan, dan juga membekali siswa dengan berbagai kesempatan di dunia korporat, sambil belajar lewat jalur magang. MDIS juga memiliki Career Portal bagi para siswa dan anggota untuk mencari peluang kerja dan mengadakan Career Fair tahunan.

"Setiap tahun angka masuknya pelajar Indonesia ke MDIS hingga 200 siswa. Hal tersebut membuat Indonesia masuk ke peringkat lima besar," paparnya.

Investor Daily

Indah Handayani/CAH


Tags: