Kepala MAN IC OKI

Kepala MAN IC OKI

Organ Komering Ilir (Pendis) - Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Organ Komering Ilir (OKI), H. Kiagus Faisal ciptakan dua artikel ilmiah dan berhasil diterbitkan jurnal nasional dan satu artikel best practice di seminarkan dalam Seminar Nasional Perempuan dan Perubahan Iklim Global di UIN Raden Fatah Palembang (17/11).

Kedua artikel tersebut ber-focus and scop pada pendidikan dan penguatan moderasi beragama. Inovasi ini menjadi wujud upaya penguatan peran kepala madrasah dalam penguatan moderasi beragama pada ranah pendidikan madrasah.
 
“Menjadi realisasi PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) juga sebagai bentuk penguatan moderasi beragama”, tutur Faisal di OKI, Kamis (29/12/2022).

Artikel pertama, yang berjudul Strategi Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama: Studi Kasus Guru MAN Insan Cendekia OKI. Artikel ini diterbitkan dalam Jurnal Ar Raudhah (terakreditasi Sinta 4) Edisi  II Desember 2022. Artikel ini dapat dibaca pada tautan OJS https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah.

Menurut Faisal, penelitian ini dilakukan dalam rangka evaluasi MAN Insan Cendekia OKI dan dirinya sebagai kepala madrasah guna mengetahui bagaimana guru dan tenaga kependidikannya menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam proses pendidikan.

“Hasilnya menunjukkan guru MAN IC OKI telah menginternalisasikan penguatan moderasi beragama dalam hiden curriculum dan kegiatan lainnya”, jelas Faisal.

Pengimplementasian Moderasi Beragama di madrasah memang tertuang dalam amanat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7272 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Moderasi Beragama Pada Pendidikan Islam. Madrasah harus mampu mengimpelmentasikannya dengan inovasi masing-masing. 

Artikel kedua, ditulis dengan judul Madrasah Penggerak Moderasi Beragama: Upaya Deradikalisasi Di Madrasah Se-Sumatera Selatan. Merupakan best practice MAN Insan Cendekia OKI sebagai madrasah penggerak moderasi beragama. Artikel ini diterbitkan dalam jurnal Guru (Jurnal Nasional Pendidikan dan Manajemen Pembelajaran) Volume 6, Nomor 11 (2022) Periode Bulan Juli - Desember 2022. Artikel dimuat dalam OJS yang dapat diunduh pada tautan http://www.e-jurnalguru.com/index.php/jnpmp/issue/view/32/35.

Sementara, artikel ilmiah berjudul Peran Madrasah dalam Pencegahan Efek Rumah  Kaca dan Dampak Perubahan Iklim Global juga telah disemiarkan dalam Seminar Nasional pada Konferensi Pusat Studi Gender dan Anak: Pra Kongres KUPI 2 di UIN Raden Fatah Palembang (17/11). 

Pada kesempatan itu, Faisal memaparkan best practice-nya dalam mengelola madrasah sehat di hadapan peserta seminar yang terdiri dari Rektor, Dosen, dan Mahasiswa se-Indonesia. (Af)