IsDB Perpanjang Pembangunan Empat Kampus PTKIN

IsDB Perpanjang Pembangunan Empat Kampus PTKIN

Jakata (PENDIS)-Islamic Development Bank (IsDB) pada awal kepemimpinan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (2014) menggelontorkan dana pinjaman sebesar 1,03 trilyun untuk membangun 33 gedung di 4 kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTKIN).

Keempat PTKIN tersebut adalah UIN Sumatera Utara, UIN Palembang, UIN Semarang dan UIN Mataram. Selain pembangunan gedung, IsDB juga memberikan pinjaman sekitar 300 miliar untuk peralatan laboratorium, perpustakaan dan planetarium. Proses pembangunan tersebut kini hampir selesai. Pencairan anggara (Last Date of Disbursemen, LDD) terakhir akan jatuh pada 11 Maret 2020.

"Saya menginstruksikan kepada Project Mangement Unit 4in1 selaku wakil dari Kementerian Agama untuk kerjasama dengan IsDB secara intensif, terus melaporkan progress pembangunan, berapa dana yang telah terserap dan berapa lagi sisa yang harus dipergunakan agar pembangunan di keempat kampus PTKIN ini segera terwujud," kata Sesditjen Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis), Imam Safei, pada Konsinyering Pengembangan Program 4in1 di kawasan TB Simatupang, Jakarta (27/08/2019).

Dalam penyampaian laporannya kepada Sesditjen Pendis, ketua PMU 4in1, Mizan Syaroni, mengatakan bahwa untuk pembangunan gedung diperkirakan akan selesai pada akhir 2019. Namun demikian Kementerian Agama akan mengajukan perpanjangan pinjaman kepada IsDB hingga akhir 2020. Hal ini karena ada satu perelatan yang pemesanannya membutuhkan waktu cukup lama.

"Purchase order (red: pemesanan barang) untuk peralatan planetarium di UIN Walisongo Semarang membutuhkan waktu sekitar delapan bulan, sehingga dipastikan akan melampaui LDD," kata Mizan menjelaskan alasan perlunya perpanjangan pinjaman. "Belum lagi harus dihitung installment dan commissioning-nya," imbuh pria asli Pati-Jawa Tengah yang sempat di McGill University untuk gelar masternya ini.

Sementara itu, Head of Regional HUB IsDB, Deni Fauzi Ahmad, mewakili President Representative IsDB Sout East Asia, menyampaikan bahwa IsDB berkomitmen menindaklanjuti pengajuan loan estension tahap II dari PMU 4in1 Kementerian Agama dikarenakan menilai manajemen pengelolaan project ini sangat bagus dan terbaik dari project-project yang digawangi IsDB di Indonesia.

"Saya akui, sistem informasi yang dibangun dan updating data oleh teman-teman PMU 4in1 melalui http://siprafourinone.info/ bisa menyajikan data yang real time dan akuntabel," kata Deni pada diskusinya diawal sesi.

Hadir pada acara ini, para pengelola PMU 4in1 diantaranya Kepala Sub Sub Bagian (Kasubag) Pelaksanaan Anggaran dan Perbendaharaan Ida Miladi, Kasubag Perencanaan dan Anggaran Kartika Sari, para ASN di Ditjen Pendis dan para pengajar, diantaranya guru besar pengelola PMU 4in1 dari keempat kampus PTIKIN. (Romadlona/Pipo/Solla)


Tags: