Jateng Targetkan Juarai Olimpiade Nasional MIPA

Jateng Targetkan Juarai Olimpiade Nasional MIPA

SEMARANG (Suara Merdeka) -Jateng menargetkan mahasiswa PTN atau PTS dari wilayah ini masuk jajaran 25 besar peserta Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) 2015.

Sebab, sejauh ini mahasiswa wakil wilayah VI Jateng belum mampu menembus sampai sejauh itu. ”Mereka yang masuk tahap 25 besar adalah mahasiswa terbaik dari ratusan mahasiswa seluruh Indonesia di tingkat nasional.

Sebelumnya, setiap provinsi atau wilayah akan mengajukan 64 wakilnya untuk berkompetisi mengerjakan soal-soal MIPA,” tutur Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof Dr DYP Sugiharto disela pelaksanaan ON MIPA tingkat provinsi di Kampus Universitas PGRI Semarang, kemarin.

Ajang penyaringan mahasiswa bertalenta di bidang MIPA ini diikuti sebanyak 282 orang. Mereka akan disaring menjadi 64 orang yang akan maju ke tingkat nasional di Kotamadya Malang, Jatim bulan depan.

Dari seleksi tingkat nasional ini akan dipilih 25 mahasiswa terbaik dalam mengerjakan soal-soal MIPA. Mereka dikelompokkan dalam empat peraih medali emas, enam medali perak, 10 medali perunggu, dan lima honorable mention.

Dikatakan, ajang ini juga tak semata mencari juara. Lebih dari itu bakal dipakai untuk mengasah dan mempertajam keilmuan masing-masing peserta. Mereka akan giat belajar mendalami ilmu-ilmu Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Di dalamnya mencakup banyak cabang keilmuan yang menunjang kemampuan akademis masing-masing mahasiswa. "Dari ajang semacam ini juga akan melahirkan cendekia-cendekia muda. Karena itu kami mendorong mahasiswa untuk bersedia terlibat dalam forum-forum seperti ini," terangnya.

Seleksi tingkat provinsi akan berlangsung selama dua hari dengan pengawasan dan penjurian dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti. Sementara itu sebagai tuan rumah, UPGRIS menginginkan keberadaan wakil dari kampus itu di setiap cabang keilmuan yang dikompetisikan.

Rektor UPGRIS Dr Muhdi bahkan optimis minimal akan terdapat delapan wakil dari kampus untuk empat cabang keilmuan yang dilombakan. Menurutnya mahasiswa dari kampus ini kemampuannya banyak yang tak diragukan. (H41-95)


Tags: