Jelang UN, 6.806 Pelajar Palangka Raya Jalani Uji Coba

Jelang UN, 6.806 Pelajar Palangka Raya Jalani Uji Coba

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA - Sebanyak 6.806 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, mengikuti uji coba Ujian Nasional (UN) diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia diwakili Wakil Wali Kota, Maryono ketika membuka kegiatan itu di Palangka Raya, Rabu mengatakan kegiatan ini dapat mengakomodir keinginan siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan pilihan masing-masing.

Kegiatan ini pula bisa membina akhlak dan mental siswa agar mampu menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang beriman dan bertakwa, serta mampu bersaing dalam era globalisasi. Kemudian memiliki daya juang yang tangguh dan menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi dalam perkembangan intelektual dan mempunyai karakter takwa, jujur, kreatif, mampu menjadi teladan, bekerja keras, toleran , dan cakap dalam memimpin.

Wali Kota berharap, pelaksanaan uji coba tersebut dapat mendongkrak nilai UN agar memperoleh nilai yang lebih tinggi lagi. Sementara itu Kepala Disdikpora, Ikwanuddin mengatakan tujuan kegiatan yakni sebagai media melatih dan mempersiapkan peserta, agar mampu menjawab soal-soal ujian dengan baik dan benar.

Melihat sejauh mana daya serap peserta ujian terhadap mata pelajaran yang telah diberikan dan memberi gambaran pada guru-guru pokok bahasan serta kiat apa yang belum dipahami peserta ujian. Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaan, agar para peserta siap menghadapi UN, dimana hasilnya dijadikan alat ukur kemampuan peserta, dan jika hasilnya kurang baik, masih memiliki waktu beberapa minggu untuk melakukan pengayaan.

"Ada satu hal yang berbeda karena pada tahun ini tidak ada UN ulangan, kecuali bagi yang sakit dan berhalangan," ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya uji coba tersebut, para siswa dapat lebih mempersiapkan diri baik mental dan kemampuan agar ketika pelaksanaan UN tidak terjadi hal yang bisa merugikan diri sendiri. Uji coba diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 2-5 Februari, yang merupakan peserta ujian nasional tahun 2010/2011 terdiri dari SMP/MTS/SMPLB sebanyak 3.565 orang dengan 57 sekolah penyelenggara ujian.

Sedangkan untuk SMA/ MA/ SMALB sebanyak 2.392 orang dengan 27 sekolah penyelenggara ujian dan SMK sebanyak 849n orang dengan 13 sekolah penyelenggara. Ujian Nasioanal untuk SMA/ MA/ SMK pada 18-21 April dan SMP 25-28 April mendatang.


Tags: