Kakankemenag Tuban Turba dan Berikan Semangat Pondok Pesantren

Kakankemenag Tuban Turba dan Berikan Semangat Pondok Pesantren

Kab.Tuban(Pendis)--Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir Turba sekaligus bersilaturrahim ke beberapa pesantren di Tuban, Selasa (29/8/2023).

Pertama, Munir memberikan pembinaan dan support sekaligus memberikan materi Penguatan Manajemen Pesantren di pesantren Al-Hikmah Desa Binangun Kecamatan Singgahan yang dikemas dalam acara Seminar. Turut hadir 

Kasi PD. Pontren Kemenag Tuban bersama JFU,  Pranata Humas dan Ketua FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren) Kabupaten Tuban.

Munir sangat mengapresiasi pondok Al-Hikmah yang sudah menyelenggarakan acara dengan menghadirkan peserta dari seluruh elemen pondok di Kabupaten Tuban dengan Narasumber Dr. H. Syarif Thayib, S.Ag, M.Si (dosen Socioprenership UINSA, Penggagas Program Kids Preneur pertama di Indonesia)

"Dengan adanya Perguruan Tinggi yang didasari dengan pendidikan pesantren menjadi modal utama pesantren untuk bangkit lebih maju. pertama yang harus dilakukan adalah merubah  paradigmanya," ujarnya.

Paradigma pengelola, yayasan, rektor, para dosen dan seluruh pemangku lembaga, paradigmanya ketauhidan atau ketaqwaan. Dengan paradigma keimanan sebagai landasan berfikir dan bekerja semata-mata akan menghasilkan yang terbaik, pamrihnya lillah dan keimanan sebagai motor penggeraknya. "Dari keimanan akan muncul kejujuran, jika pendidik pesantren dalam mendidik dilandasi oleh keimanan maka tujuan akhirnya semata mata mencari ridla-Nya, seorang dosen lillah mengajar maka dia akan melakukan pengajaran dengan sepenuh hati, niatnya bukan panggilan kerja tapi panggilan jiwa," sambungnya.

Usai memberikan pembinaan di Pesantren Al-Hikmah Singgahan, Munir dan rombongan bergeser ke Pondok Pesantren Al Khodijah Sendang Senori dan diterima langsung oleh pengasuh, KH. Abdullah Hasyim.

Manajemen Pendidikan Pesantren hakikatnya adalah suatu proses penataan dan pengelolaan lembaga pendidikan pesantren yang melibatkan sumber daya manusia dan non manusia dalam menggerakkan mencapai tujuan pendidikan pesantren secara efektif dan efisien.

Kemudian terakhir Kakankemenag Tuban melihat secara langsung kondisi pesantren Ar-Ridho Desa Klampok Kecamatan Semanding diterima oleh Ustadz Rustamaji selaku pembina pondok. Munir memberikan syarat-syarat dan informasi sekaligus penguatan pendirian pondok pesantren.

Manajemen pendidikan pesantren adalah aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan pesantren agar terpusat dalam usaha untuk mencapai tujuan pendidikan pesantren yang telah ditentukan sebelum, dengan kata lain manajemen Pendidikan merupakan mobilisasi segala sumberdaya Pendidikan Pesantren untuk mencapai tujuan. (Lai)