Kakanwil Jambi saat memberikan arahan

Kakanwil Jambi saat memberikan arahan

Jambi (Pendis) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jambi selama 3 hari, yaitu pada Jumat hingga Minggu, 9 - 11 September 2022. Kanwil Kemenag Jambi menunjuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Jambi dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Jambi sebagai tuan rumah pelaksana.

KSM Tingkat Provinsi Jambi dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia pada Jumat (9/9) di aula MAN 2 Kota Jambi, serta dihadiri oleh sejumlah Kepala Kemenag Kabupaten/Kota atau yang mewakili dan perwakilan pimpinan madrasah se-provinsi Jambi sebagai bentuk dukungan dan semangat bagi para peserta KSM dari daerahnya masing-masing.

Kakanwil Kemenag Jambi, Zoztafia merasa bahagia dan bersyukur animo masyarakat untuk mempercayakan anaknya mengenyam pendidikan di madrasah sangat tinggi. 

“Dulu madrasah dipandang sebelah mata, namun akhir-akhir ini madrasah menjadi tempat pendidikan favorit, baik tingkat MAN, MTsN, maupun MIN,” ungkap Zoztafia.

Zoztafia menyerukan rasa kebanggaan dalam diri pribadi kepada penyelenggara pendidikan di madrasah untuk menjaga marwah dan nama baik Kementerian Agama. Oleh karena itu, para penyelenggara pendidikan di madrasah patut berbangga dengan antusias masyarakat terhadap madrasah ini sehingga tidak perlu merasa berkecil hati atau malu menjadi bagian dari penyelenggara pendidikan di madrasah.

 “Tegakkan kepala dan jangan malu menjadi bagian dari madrasah. Katakan dengan tegas kepada masyarakat rasa bangga sebagai pelaksana pendidikan di madrasah,” seru Kakanwil.

Penyelenggara pendidikan di lingkungan madrasah menjadi tumpuan untuk melatih, membimbing, dan membina semangat belajar para anak didik dan kemampuan untuk berkarya dan berprestasi yang membanggakan. Anak didik di lingkungan madrasah ini menjadi generasi yang berani tampil dan bersaing dalam kancah nasional. 

“Semangat berprestasi itu jangan sampai kendor. Termasuk pembinaan karakter anak didik di madrsah yang memiliki etika dan nilai kesopanan yang tinggi sesuai dengan nilai-nilai agama,” tandasnya.

“Kedua hal yang menjadi pembinaan dan bimbingan di lingkungan madrasah tersebut demi mewujudkan visi madrasah Kementerian Agama RI yang bertujuan mewujudkan madrasah yang unggul, kompetitif, berdaya Saing, dan berakhlak mulia,” tambahnya. (WE)