Kampus Perlu Terbitkan Banyak Jurnal Ilmiah

Kampus Perlu Terbitkan Banyak Jurnal Ilmiah

Di samping itu, para dosen juga harus bisa menembus berbagai jurnal bereputasi internasional untuk kepentingan publikasi yang lebih luas," tutur Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof Dr Masrukhi, di kampus Kedungmundu, Selasa (2/2).

Memandang betapa pentingnya wadah publikasi ilmiah, dia menargetkan kampus ini akan menerbitkan dua jurnal baru tahun ini. Jurnal akan menjadi sarana bagi para dosen yang telah menyelesaikan karya riset memublikasikan hasil.

Tak hanya bisa dinikmati sesama akademisi sebagai sumber referensi, dia berharap penelitian juga akan bermanfaat untuk masyarakat luas. Target memproduksi jurnal sekaligus disampaikannya saat melantik tiga wakil rektor baru yang akan mendampingi bertugas hingga periode 2019, kemarin.

Atmosfer Akademik

Unimus kini memiliki wakil rektor baru, yaitu Dr Sri Darmawati, Dr Sri Rejeki, dan Samsudi Raharjo. Hadir Pengurus Pusat Muhammadiyah Prof Dr Marsudi Tri Atmojo, Ketua BPH Unimus Widadi, serta Ketua PW Muhammadiyah Jateng Tafsir. Masrukhi berkeinginan kehadiran para wakil rektor kian memperkuat atmosfer akademik.

"Saya juga berkeinginan kampus ini kembali memperkuat barisan doktor. Ada sembilan kandidat doktor dari kampus ini yang sudah hampir menyelesaikan studi. Targetnya tahun ini mereka rampung.

Wakil rektor yang baru harus memberikan motivasi supaya studi mereka benar-benar selesai tahun ini," tuturnya. Selain target menerbitkan jurnal dan menambah barisan pakar, Unimus terus memperkuat jejaring internasional. Kondisi itu menjadi kebutuhan seiring dengan pengembangan institusi di era global. (H41-37)


Tags: