KBM di SMPN 15 Gunakan Bahasa Inggris

KBM di SMPN 15 Gunakan Bahasa Inggris

YOGYA (KRjogja.com) - Kegiatan belajar mengajar di Kelas VII A SMPN 15 Yogyakarta Senin (17/3) siang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Pengajarnya memang bukan guru sekolah tersebut, namun seorang volunteer dari Polandia, Ewa Skrudlik (28). Melihat kegiatan belajar mengajar yang berjalan lancar, menjadi tanda siswa tahu dan bisa menggunakan Bahasa Inggris walau mungkin terbatas.

Siswa Kelas VII A seperti Sausan, Amel, Shiva, Aidia, Edo dan Hizkia mengaku sudah biasa menghadapi tamu dari luar negeri yang tidak bisa berbahasa Indonesia. Karena beberapa kali ada tamu dari luar negeri dan mereka bisa berkomunikasi dengannya. Siang itu mereka merasa senang mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh Ewa, dengan cara game, seperti quiz di televisi, pertanyaan dan jawaban menggunakan Bahasa Inggris.

Ewa berada di Indonesia mengikuti program pertukaran pemuda dan budaya yang diselenggarakan oleh AIESEC. Alasan dia mengikuti program tersebut, karena ingin ke Indonesia dan bisa tinggal lama di Yogyakarta sampai 30 Maret 2015. Dia mengajar setelah jam pelajaran reguler usai, sehingga waktunya bebas, dan siang itu siswa juga nampak menikmati kegiatan belajar mengajar dalam bentuk permainan.

Ewa sendiri di Polandia bukan guru, dia bekerja pada sebuah NGO. Tertarik dengan Indonesia karena keaneka ragamanannya. Seni budaya, suku, juga agama yang sampai ada lima. Selain itu, bendera kedua negara yang sama-sama merah putih tetapi letaknya berbalikan, meskipun ternyata filosofinya sama berani karena benar.

"Anak-anak SMPN 15 pengetahuan Bahasa Inggrisnya bagus, cuma kurang berani mengungkapkan, ternyata komunikasi lancar," kata Ewa usai mengajar. Kemampuan Bahasa Inggris orang Indonesia dan Polandia menurutnya sama. Oleh karena itu, dia berani bepergian sendiri naik bus Trans Jogja, yakin orang Yogya banyak yang bisa berbahasa Inggris. Datang di Yogya 16 Februari kemarin, dan sudah sempat mengunjungi berbagai objek wisata seperti Borobudur, Prambanan, Kraton Yogya dan Parangtritis. (War)


Tags: