Dua mahasiswa UIN Ar-Raniry keluar sebagai pemenang dalam Lomba Menulis Tentang Zakat 2023

Dua mahasiswa UIN Ar-Raniry keluar sebagai pemenang dalam Lomba Menulis Tentang Zakat 2023

Banda Aceh (Pendis) --- Dua mahasiswa UIN Ar-Raniry keluar sebagai pemenang dalam Lomba Menulis Tentang Zakat 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Baitul Mal Provinsi Aceh.

Kedua mereka adalah Kamal Kurnia Hasan (Kemal) dan Syauqas Rahmatillah. Mereka mampu menyisihkan 292 peserta yang mengirimkan naskah ke panitia. Demikian informasi yang dikutip dari pengumuman resmi yang dimuat di akun IG @baitulmalaceh.

Kemal tercatat sebagai mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Sementara Syauqas Rahmatillah adalah mahasiswa semester V Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry.

Dari 292 naskah tersebut, tim juri menetapkan juara 1, juara 2 dan juara 3, serta 7 naskah terpilih untuk dibukukan.

Adapun 7 naskah terpilih adalah atas nama Syauqas Rahmatillah (mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry), Ali Mustofa, Vera Amelia Souraya, Syamsul Bahri, Zuhriyandi, Amira Syerlyna dan Nora Maulina.

Kemal dan Syauqas aktif menulis di berbagai media massa di Aceh. Selain di UIN Ar-Raniry, Kemal juga kuliah di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Dewan juri lomba ini terdiri tiga pakar dari bidangnya masing-masing. Mereka adalah Yarmen Dinamika (wartawan senior, praktisi media), Sayed Muhammad Husen (Amil Baitul Mal) dan Ahmad Fauzan Santa (akademisi komunitas).

Naskah para juara dan 7 terpilih akan dibukukan dan diterbitkan oleh Baitul Mal Aceh. Semua pemilik naskah juara dan terpilih akan dihubungi oleh panitia.

Berikut daftar pemenang Lomba Menulis Tentang Zakat 2023

Juara I: Rahmatul Akhzari. Tulisannya berjudul: Zakat Produktif: Cara Cerdas Berzakat di Era Digital.

Juara II: Irma Hafni. Tulisannya berjudul: Potensi Zakat Profesi dari Penggarap Lahan di Internet.

Juara III: Kamal Kurnia Hasan. Tulisannya berjudul: Menciptakan Pengusaha Baru dari Kalangan Fresh Graduate melalui Zakat Produktif. []