Kemdikbud Kelola Dana Pendidikan Rp 409 T

Kemdikbud Kelola Dana Pendidikan Rp 409 T

JAKARTA (KRjogja.com) - Menteri Pendidikan Anies Baswedan megatakan mulai tahun 2015 ini pemerintah dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015, sekitar Rp 409 triliun dialokasikan dana untuk fungsi pendidikan.

"Dari dana itu, sebesar Rp 254 triliun atau sekitar 62 persen diserahkan langsung ke daerah. Sedangkan sisanya di pusat. Jadi porsi terbesar dana fungsi itu langsung ke daerah," kata Menteri Pendidikan Anies Baswedan usai rakor dengan Menko Perekonomian Sofyan Djalil di Jakarta Selasa (13/01/2014).

Dalam APBN-Perubahan 2015, jumlah dana pendidikan diperkirakan tidak akan berubah terlalu signifikan. Rapat kali ini lebih membahas alokasi dana pendidikan agar lebih tepat sasaran.

Anis Baswedan mengatakan dana tersebut untuk fasilitas dan dalam peningkatan kualitas guru. Namun yang menjadi masalah utama adalah kesejahteraan guru yang kedua peningkatan kemampuan guru dalam soal belajar mengajar.

"Dengan porsi yang besar untuk guru, kita mendorong agar kualitas guru lebih baik karena jumlah guru sangat banyak," tegasnya. (Lmg)


Tags: