Kemenag Berikan 5 Penghargaan Pada Koordinator Wilayah Penyusun Laporan Keuangan TA 2020

Kemenag Berikan 5 Penghargaan Pada Koordinator Wilayah Penyusun Laporan Keuangan TA 2020

Bogor (Pendis) --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberikan penghargaan kepada Koordinator Wilayah Kementerian Agama Provinsi Tingkat UAPPA-W (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah) dalam penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2020. Penghargaan tersebut diberikan dalam kegiatan Sinkronisasi dan Koordinasi Data Laporan Keuangan Semester I Program Pendidikan Islam Tahun 2021 yang diselenggarakan Bagian Keuangan Setditjen Pendis pada Rabu 15/09/2021.

Penghargaan diberikan berdasarkan pada 5 kategori satuan kerja program Pendidikan Islam wilayah provinsi seluruh Indonesia. Kategori pertama Realiasasi Anggaran Tertinggi diberikan pada Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dengan kriteria penilaian kesesuaian, efektifitas, efisiensi dan realisasi anggaran 99,95%. Kategori kedua Ketaatan Penyampaian Laporan Keuangan Terbaik diberikan pada Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara dengan kriteria intensitas penyampaian Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) terbaik. 

Kategori ketiga Penyusunan Laporan Keuangan Terbaik Satuan Kerja Besar diberikan pada Kanwil Kemenag Provinsi Naggroe Aceh Darussalam sebagai konsolidator 207 Satuan Kerja. Kategori keempat Penyusunan Laporan Keuangan terbaik Satuan Kerja Sedang diberikan kepada Kanwil Kemenag Provinsi Jambi sebagai konsolidator 110 Satuan Kerja, dan Kategori kelima penyusunan Laporan Keuangan Terbaik Satuan Kerja Kecil diberikan pada Kanwil Kemenag Provinsi Bali sebagai konsolidator 22 Satuan Kerja.

Sekretaris Pendidikan Islam, Rohmat Mulyana Sapdi menyampaikan apresiasi dan motivasi atas kinerja seluruh unit kerja pada Program Pendidikan Islam dalam mempertahankan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). “Kerja keras dan kerja ikhlas bapak/ibu pada unit kerja masing-masing dalam mepertahankan opini WTP adalah prestasi, kita patut syukuri dan banggakan seperti semangat Mars Opinion Force karena Program Pendidikan Islam berdampak signifikan pada opini Kementerian Agama secara keseluruhan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Keuangan, Safriansyah mengungkapkan kegiatan ini sebagai wujud apresiasi pada seluruh unit kerja Program Pendidikan seluruh Indonesia atas komitmen, Soliditas dan kebersamaan sekaligus langkah preventif penyelesaian masalah dalam penyusunan laporan keuangan. Kegiatan Sinkronisasi dan Koordinasi Data Laporan Keuangan Semester I Program Pendidikan Islam Tahun 2021 dihadiri oleh Korwil SAIBA dan SIMAK BMN seluruh indonesia dan berakhir pada Jum’at 17/09/21.

Sebelumnya Direktorat Pendidikan Islam juga telah memberikan penghargaan dalam penyusunan Laporan Keuangan Tingkat PTKIN pada 3 PTKIN dalam kegiatan FGD Laporan Keuangan PTKIN Tahun 2021 pada Kamis 24/06/21 di Bali. Kategori Realisasi Anggaran Tertinggi diberikan pada IAIN Takengon Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dengan realisasi anggaran 98,82%. Kategori Ketaatan Penyampaian Laporan Keuangan Terbaik diberikan pada UIN Mataram, dan Kategori Penyusunan Laporan Keuangan Terbaik diberikan pada IAIN Kerinci Provinsi Jambi. (rauf/rahman/mar)


Tags: