Kemenag Lakukan Penguatan SDM Madrasah melalui Program Beasiswa Indonesia Bangkit

Kemenag Lakukan Penguatan SDM Madrasah melalui Program Beasiswa Indonesia Bangkit

Tangerang Selatan (Pendis) – Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam melakukan upaya peningkatan mutu dan kualitas madrasah melalui skema beasiswa indonesia bangkit kolaborasi dari Kementerian Agama dan LPDP Kementerian Keuangan dengan melaksanakan Rapat Koordinasi Program Beasiswa pada Madrasah di Tangerang Selatan, pada tanggal 21-23 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka seleksi interview bagi para calon mahasiswa yang ingin mengembangkan karier, pengalaman, dan jaringan kampus di dalam dan luar negeri. Dengan upaya yang dilakukan saat ini tentunya akan mampu mengatasi kesenjangan kualitas sumber daya manusia madrasah kita di Indonesia. 

Plt Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementrian Agama Republik Indonesia, Muchamad Sidik Sisdianto mengatakan “Program Beasiswa Indonesia Bangkit ini akan berkontribusi besar terhadap peningkatan aksesibilitas pendidikan tinggi yang bisa siswa-siswi madrasah dapatkan”.

Program ini merupakan sebuah langkah yang bagus untuk mendukung percepatan target Pembangunan Nasional, setidaknya akan ada 3 manfaat yang diperoleh warga madrasah, yaitu Keterbukaan Akses Pendidikan Tinggi, Pengembangan Potensi Warga Madrasah, dan Investasi Masa Depan, terangnya.

Setiap anak madrasah berhak memiliki mimpi dan cita-cita yang tinggi, namun saat Keterbatasan finansial seringkali menjadi hambatan utama dalam mendapatkan pendidikan berkualitas bagi siswa madrasah kita yang miskin atau tinggal di wilayah 3T, disitulah negara harus hadir memberikan solusi agar harapan besar mereka tidak hanya sebatas mimpi kosong saja, tambahnya.

“Ayo sama-sama kita bekerja melakukan langkah-langkah kongkrit untuk melakukan sosialisasi program Beasiswa Indonesia Bangkit secara masif ke seluruh madrasah kita yang ada di Indonesia,” imbau Sidik.

“Pastikan setiap madrasah kita tahu cara mengakses informasi program ini dan tidak boleh ada yang tertinggal”, tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muchamad Sidik Sisdianto berharap setiap informasi yang mereka peroleh mampu memperkuat kembali mental mereka yang hilang untuk menggapai cita-citanya dengan keterbukaan aksesibilitas pendidikan tinggi bagi anak-anak kita di Madrasah. Tentunya langkah ini dilakukan untuk mempercepat peningkatan dan pemerataan kualitas sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi hingga ke pelosok-pelosok negeri.

“Yuk kita pastikan Bersama-sama keterbukaan akses informasi Program Beasiswa Indonesia Bangkit bagi anak-anak kita di madrasah”, tutupnya. (Bahtiar)

 


Tags: # madrasah