Kemenag Mengayomi Keberagaman dan Keberagamaan Bangsa dengan Pancasila

Kemenag Mengayomi Keberagaman dan Keberagamaan Bangsa dengan Pancasila

Jakarta (Pendis) - Setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu melekatkan diri dengan beberapa misi yang terkait dengan keberagaman dan keberagamaan bangsa Indonesia, sejalan dengan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

"Melihat pentingnya tugas Kementerian Agama sejak awal dibentuk oleh pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama diharapkan mampu menjadikan dan melekatkan diri dengan beberapa misi yang berkaitan dengan mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, dan memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antarumat beragama," terang Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Rabu (03/01/18) pada Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama.

Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita.

Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia. Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa adalah jantung kebangsaan, tempat bertemunya semangat beragama dan cinta tanah air.

Sila Kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab berintikan ajaran universal semua agama dalam menghargai jiwa, kehormatan, dan kehidupan setiap manusia.

Sila Ketiga, Persatuan Indonesia bermakna ikatan bangsa yang merajut keberagaman dan keberagamaan masyarakat Indonesia.

Sila Keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan mewujud pada sistem demokrasi yang khas Indonesia.

Dan, sila Kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia diterjemahkan dalam kebijakan menggerakkan segenap sumberdaya demi perbaikan nasib dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata. (sya/dod)


Tags: