Kemenag Rampungkan Review 33 Buku Pembelajaran Berbahasa Arab

Kemenag Rampungkan Review 33 Buku Pembelajaran Berbahasa Arab

Jakarta (Pendis) --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama, telah merampungkan review dan pendampingan penulisan 33 buku teks pembelajaran Bahasa Arab dan buku-buku berbahasa Arab. Review dan pendampingan penulisan 33 buku dilakukan atas kerjasama antara Tim Ditjen Pendis dan Tim Markaz Buhuts At Tawashuli wal Ma’rifi dari Arab Saudi.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, menyampaikan apresiasi kepada tim yang telah menyelesaikan review dan pendampingan penulisan buku pembelajaran Bahasa Arab. Menurutnya, kerjasama antara Ditjen Pendidikan Islam dengan lembaga Markaz Buhuts At Tawashuli wal Ma’rifi di Arab Saudi merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas buku teks pembelajaran Bahasa Arab.

“Saya atas nama Dirjen Pendis merasa bahagia atas terselesaikannya penelaahan buku berbahasa arab ini, sehingga menjadi lebih baik dan sempurna untuk membantu pembelajaran di madraah seluruh Indonesia. Saya berharap kerjasama ini ditingkatkan lagi di masa-maa yang akan datang,” kata Ramdhani di Jakarta, Senin (02/08).

Dikatakan Ramdhani, cakupan kerja sama yang telah dilakukan adalah penelaahan dan pendampingan kepada penulis dari aspek bahasa dan susunan kalimat yang digunakan dalam buku pembelajaran Bahasa Arab dan buku-buku yang berbahasa arab di madrasah.

“Untuk konten buku teks pelajaran tetap dikembangakan oleh guru-guru madrasah terpilih dan didampigi oleh ahli konten dari unsur akademisi dosen perguruan tinggi,” imbuh Ramdhani.

Kordinator Tim Markaz Buhuts At Tawashuli wal Ma’rifi, Ali Ma’yuf Abdul Aziz, menyampaikan terima kasih kepada Ditjen Pendis atas kepercayaan dan dilibatkat dalam merampungkan review dan pendampingan penulisan 33 buku teks pembelajaran Bahasa Arab dan buku-buku berbahasa Arab.

“Merupakan kebahagiaan tersendiri bisa membantu Indonesia, di mana Indonesia merupakan negara yang memiliki perhatian yang sangat besar dalam menyebarkan Bahasa al-Qur’an yaitu Bahasa Arab,” kata Ali Ma’yuf.

Berikut 33 buku yang direview dan didampingi proses penulisannya adalah mencakup semua buku teks pembelajaran Bahasa arab di semua jenjang; Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), dan buku-buku teks pelajaran PAI berbahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK).

Buku-buku pelajaran tersebut adalah: Bahasa Arab 1 (MI), Bahasa Arab 2 (MI), Bahasa Arab 3 (MI), Bahasa Arab 4 (MI), Bahasa Arab 5 (MI), Bahasa Arab 6 (MI), Bahasa Arab 7 (MTs), Bahasa Arab 8 (MTs), Bahasa Arab 9 (MTs), Bahasa Arab 10 (MA), Bahasa Arab 11 (MA), Bahasa Arab 12 (MA), Nahwu-Sharaf 10 (MAPK), Nahwu-Sharaf 11 (MAPK), dan Balaqhah 12 (MAPK).

Sedangkan buku-buku teks pembelajaran PAI untuk Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) yang ditulis menggunakan Bahasa Arab adalah sebagai berikut ; Tafsir 10 (MAPK), Tafsir 11 (MAPK), Tafsir 12 (MAPK), Hadis 10 ( MAPK), Hadis 11 (MAPK), Hadis 12 (MAPK), Ilmu Tafsir 10 (MAPK), Ilmu Tafsir 11 (MAPK), Ilmu Tafsir 12 (MAPK), Ilmu Hadis 10 ( MAPK), Ilmu Hadis 11 (MAPK),     Ilmu Hadis 12 (MAPK), Fikih 10 (MAPK), Fikih 11 MAPK) , Fikih 12 (MAPK), Ilmu Usul Fikih 10 (MAPK), Ilmu Usul Fikih 11 (MAPK), dan Ilmu Usul Fikih 12 (MAPK).

(Imam BK/My)


Tags: # Arab