Kemenag Rawat Keberagaman dengan Memantapkan Keberagamaan

Kemenag Rawat Keberagaman dengan Memantapkan Keberagamaan

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) akan menghelat Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke-VIII Tahun 2017 di Provinsi Aceh pada tanggal 9 s/d 14 Oktober mendatang yang akan dibuka langsung Menteri Agama RI.

Perhelatan yang mengusung tema "Merawat Keberagaman, Memantapkan Keberagamaan" ini akan diikuti lebih kurang 1.200 peserta perwakilan dari siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka melihat dan mengevaluasi bagaimana pendidikan agama di sekolah bisa menjadi instrumen sarana untuk merawat keberagaman di Indonesia," kata Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin saat konferensi pers di Jakarta, Jum`at (06/10).

Karena negara kita dikenal dengan negara yang paling beragam di dunia, dengan pemahaman agama yang tepat, baik, luas, dalam dan toleran maka tentunya kita dapat merawat keberagaman itu sebagai suatu realita yang memang negara kita sudah ditakdirkan penuh keberagaman dalam berbagai hal, ujarnya.

Melalui pendidikan agama di sekolah semoga dapat menjadi instrumen atau sarana untuk merawat keragaman di Indonesia ini, dan kegiatan ini dapat berperan menciptakan suasana harmonis dan melahirkan anak-anak Indonesia yang punya pemahaman keagamaan yang mendukung keberagaman, harap Kamaruddin.

Pentas PAI ke-VIII ini merupakan kali pertama digelar di luar Pulau Jawa akan menggelar berbagai perlombaan diantaranya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), lomba Pidato PAI, Musabaqah Hifzhul Quran (MHQ), lomba Cerdas Cermat PAI, lomba Kaligrafi Islam, Nasyid, Debat, dan lomba Kreasi Busana.(hikmah58/dod)


Tags: