Kemenag RI akan Seleksi Hasil Penelitian Terbaik Para Dosen PTKI

Kemenag RI akan Seleksi Hasil Penelitian Terbaik Para Dosen PTKI

Bandung (Pendis) Dalam rangka diseminasi dan promosi produk penelitian unggulan yang didanai dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) baik bersumber DIPA Satker PTKIN maupun Direktorat PTKI Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan menggelar konferensi hasil penelitian, yang direncanakan digelar setiap dua tahun sekali dengan tajuk Biannual Conference on Research Result. Kegiatan ini rencananya akan menyeleksi hasil penelitian terbaik disertai dengan pemberian penghargaan untuk para peneliti terbaiknya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Kegiatan seminar dan pemberian penghargaan hasil penelitian secara nasional ini akan diadakan di Bandung bekerja sama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 3-5 Desember 2019. Terdapat klaster-klaster khusus dan tema-tema penelitian yang akan diseleksi dari setiap PTKI yaitu, Kajian Islam murni (tafaquh fiddin), Integrasi Keilmuan, Moderasi Beragama, Sosial Humaniora, dan Sains/Teknologi.

Hal ini disampaikan Kasubdit Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat, Suwendi, saat Acara Persiapan Biannual Conference on Research Result yang di selenggarakan pada hari Jumat-Sabtu, 08 hingga 09 Nopember 2019, di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Sumedang.

Menurut Direktur PTKI, Arskal Salim, "Selama ini hasil penelitian PTKI sangat bermanfaat, terpublikasi di jurnal, namun jarang terungkap ke publik, mana sih hasil penelitian terbaik dari setiap PTKI untuk masyarakat luas."

Suwendi juga menambahkan bahwa jika waktunya memungkinkan, kegiatan ini sebaiknya juga melibatkan stakeholder dengan menghadirkan pemangku kepentingan seperti pemerintah Daerah, dunia industri, kementerian terkait dan masyarakat pengguna. Diharapkan dengan menghadirkan stakeholder, hasil penelitian bisa langsung dapat
dimanfaatkan. Selain itu juga bisa mendapatkan saran dan masukan untuk tindakan berikutnya."pungkasnya. (Sh)


Tags: