Kemenag Seleksi Kepala MAN IC Paser Kalimantan Timur

Kemenag Seleksi Kepala MAN IC Paser Kalimantan Timur

Jakarta (Pendis) --- Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam melaksanakan seleksi Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Paser, Kalimantan Timur. Seleksi ini terbuka bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama, yang memiliki sertifikat pendidik dan sertifikat kepala madrasah sesuai jenjang.

Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain menegaskan, bahwa tujuan seleksi ini adalah untuk memperoleh calon Kepala MAN IC Paser yang berkualitas. "Tujuan penerimaan ini untuk menyeleksi calon kepala madrasah yang professional, kompeten, integritas dan berkomitmen pada prestasi, yang akan ditempatkan di MAN Insan Cendekia Paser, Kaltim," ujar Zain di Jakarta, Senin (07/06).

Pelaksanaan seleksi Kepala MAN IC Paser, didasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2495 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri.

Kasubdit Bina GTK MA/MAK, M Sidik Sisdiyanto menjelaskan, bahwa seleksi Kepala MAN IC Paser dilakukan secara Online."Pendaftaran Seleksi Penerimaan Kepala MAN Insan Cendekia Paser, Kalimantan Timur dilakukan 
secara online melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/seleksiptk," terang Sidik.

Adapun tahapannya, lanjut Sidik, peserta harus mengikuti seleksi administrasi. Menurutnya, seleksi administrasi dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui penilaian kelengkapan dokumen yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang sebagai bukti bahwa calon bersangkutan telah memenuhi persyaratan administratif yang telah ditentukan. 

Jika peserta lulus administrasi, peserta seleksi akan mengikuti seleksi Substansi. Tes ini dilakukan oleh tim dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. "Seleksi Sunstansi meliputi tes akademik, Tes Potensi Kepemimpinan dan Wawancara serta Psikotes", pungkas Sidik.

Kepala Seksi Bina Tendik MA/MAK, Rusdi Batun menambahkan tempat Seleksi Penerimaan Kepala MAN Insan Cendekia Paser, Kalimantan Timur dilaksanakan di seluruh lokasi MAN Insan Cendekia se-Indonesia.

"Pendaftaran online dilaksanakan tanggal 7-14 Juni 2021, hasil seleksi administratif akan diumumkan tanggal 29 Juni 2021. Seleksi Akademik Online (CBT) dilaksanakan tanggal 1 Juli 2021, sedangkan wawancara akhir dilaksanakan tanggal 9 Juli 2021," jelas Rusdi.

Rusdi menambahkan seluruh informasi perkembangan proses seleksi ditayangkan melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/seleksiptk.


Tags: