Kemenag Serentak Laksanakan PPG PAI Secara Nasional

Kemenag Serentak Laksanakan PPG PAI Secara Nasional

Jakarta (Pendis) --- Penyelenggaraan Pendididikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dilaksanakan serentak secara daring. Sesuai dengan amanah PP 55 tahun 2007 Profesi guru pada satuan pendidikan formal menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk memberikan jaminan mutu yang berkualitas. 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan upaya kemenag untuk meningkatkan profesionalitas guru dilakukan salah satunya melalui pendidikan profesi guru.

"Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru merupakan upaya Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) dalam mengembangkan karir dan profesi guru agama pada Madrasah dan Sekolah," ujarnya.

Pelaksanaan PPG berbasis daring menggunakan learning management sistem (LMS) yang dikembangkan oleh Ditjen Pendis yang diberi nama SPACE (Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik) sebagai penunjang pelaksanaan program PPG dalam Jabatan untuk mapel agama baik pada madrasah maupun sekolah.

Dhani menjabarkan pelaksanaan PPG diikuti oleh guru mapel agama pada madrasah dan sekolah yang dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). "Sebanyak 7.000 guru madrasah mata pelajaran agama dan 5.000 guru PAI mengikuti PPG yang dibiayai dari APBN, dan 2.887 guru PAI mengikuti PPG dengan biaya dari Pemerintah Daerah," jelasnya.

Ucapan terima kasih disampaikan Dhani kepada pemerintah daerah yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan PPG saat ini. Dhani berharap, pelaksanaan PPG dapat berjalan dengan lancar dan peserta dapat memenuhi passing grade yang telah ditentukan. 

"Kami menetapkan passing grade kelulusan peserta PPG sebesar 70. Semoga pelaksanaan PPG dapat berjalan dengan optimal,” tutur Dhani diakhir sambutannya.

Untuk diketahui, pelaksanaan PPG tahun 2021 ini dilakukan melalui dua tahap, tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 2 juni s.d. 30 agustus, dan tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 1 september s.d. 4 desember 2021.

Rohmat mulyana Sapdi selaku Plt. Direktur Pendidikan Agama Islam menambahkan bahwa pelaksanaan PPG PAI diselenggarakan di 28 Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK). "Kita laksanakan PPG PAI secara serentak di 28 LPTK terdaftar," jelasnya.

Rohmat juga menjabarkan tahapan yang harus diselesaikan oleh guru dalam mengikuti PPG Dalam Jabatan pada tahun ini. Yakni pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, praktik pengalaman lapangan, ujian kinerja, dan ujian pengetahuan. (Miftah/Yuyun)


Tags: