Komnas Pendidikan Dukung 1000 Guru CPNS Daerah Terluar

Komnas Pendidikan Dukung 1000 Guru CPNS Daerah Terluar

Jakarta (Suara Pembaruan)- Pemerintah membuka pengangkatan 1.000 CPNS guru untuk mengisi kekurangam guru dengan mengunakan konsep 3T yang meliputi daerah terdepan, terluar, dan tertinggal, yang meliputi Papua, Kalimantan dan NTT.

Menanggapi rencana mendikbud, Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan Andreas Tambah mengatakan langkah yang diambil mendikbud dinilai baik, karena untuk mengurangi kelangkaan guru, sebab selama ini banyak sekolah yg ditinggalkan guru ke wilayah lain.

Andreas mengharapkan agar mendikbud memberikan tiga aspek dasar pada 1000 guru CPNS yang akan direkrut, pertama memberikan pembinaan psikologi terhadap guru untuk menghadapi anak didik, karena dilihat dari aspek psikologis, keadaan anak didik daerah terpencil berbeda dengan kota besar.

Kedua kesiapan mental, menjadi guru di daerah 3T, harus memiliki mental yang kuat dan terakhir bisa memahami kebudayaaan setempat. Ia juga menegaskan penempatan guru dalam konsep harus bersifat permanen.

"Saya harap harus permanen, sehingga secara psikologi, menghadapi murid kebutuhannya bukan hanya belajar saja." tegas Andreas saat dihubungi Suara Pembaruan, Selasa (20/1).

Hal lain yang diharapkan oleh Andreas adalah mendikbud kembali memberikan bantuan dana untuk menyekolahkan lagi putra daerah ke kota, dengan catatan akan kembali mengabdi untuk daerahnya atau permanenkan PNS, dengan memberikan tunjangan, jangan sampai setelah berapa tahun minta pindah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan pemerintah membuka lowongan untuk CPNS dengan syarat, mereka yang dapat mengikuti seleksi CPNS adalah yang telah lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG) di gedung Kemendikbud, Senin (19/1).

Ia kembali menyebutkan, peserta yang lulus seleksi akan diangkat menjadi CPNS daerah dengan jabatan tenaga fungsional guru dan ditempatkan di salah satu dari 29 kabupaten di daerah 3T.

Berdasarkan data panitia seleksi, jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 1.481 orang. Mereka akan mengikuti seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) pada 19-20 Januari 2015.

Ujian dilaksanakan di sejumlah universitas di Indonesia di antaranya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Selain formasi CPNS guru untuk daerah 3T, pada tahun ini pemerintah juga membuka formasi CPNS bagi putra/putri terbaik yang lulus sarjana maupun master dengan predikat cum laude dan summa cum laude untuk ditempatkan di berbagai instansi pemerintah.

Penulis: Maria Fatima Bona/FQ


Tags: