Tim dari Direktorat KSKK Ditjen Pendis Kemenag RI memantau KSM Tahun 2022 yang berlangsung di MAN 2 Kota Makassar.

Tim dari Direktorat KSKK Ditjen Pendis Kemenag RI memantau KSM Tahun 2022 yang berlangsung di MAN 2 Kota Makassar.

Makassar (Pendis) - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar resmi berakhir pada Minggu (11/9/2022) kemarin.  Adapun pengumuman terkait pemenang di tingkat provinsi nantinya akan diumumkan pada tanggal 14 September mendatang.

Berdasarkan pantauan di lokasi, para peserta bersama guru pendamping sudah terlihat ramai. Namun demikian, KSM tahun ini berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, "Alhamdulillah sarana madrasah sangat cukup untuk menampung dan dipastikan lebih dari 1000 orang setiap hari yang mengantar, apalagi hari ini MI dan MTs kebanyak didampingi oleh orang tuanya belum lagi dari sekolahnya," kata Kepala MAN 2 Kota Makassar, Darmawati, Minggu (11/9/2022).

Sebelumnya, pada penyelenggaraan KSM tingkat kota, MAN 2 Kota Makassar juga ditunjuk sebagai tuan rumah. Pada saat itu, hanya membutuhkan sebanyak dua laboratorium dengan jumlah komputer sebanyak 160 unit, "Sebanyak160 komputer itu tidak cukup karena jumlah peserta 755 orang maka empat ruang lab itu dipastikan semuanya ready lalu ditambah dengan tiga ruangan dari laptopnya dari masing-masing peserta, jadi ada tiga ruangan kali 30 berarti kami butuh sekitar 90 unit tambahan laptop," jelasnya.

Menurutnya, keberhasilan ini tidak lepas dari dukukan berbagai pihak. untuk itu, ia juga memberi apresiasi kepada para panitia, teknisi serta stack holder terkait yang sudah terlibat dalam menyukseskan KSM kali ini.

"Mulai dari sarana dan prasarana yang tentu kami siapkan seperti jaringan, hingga pengawas dan teknisi juga kami siapkan di setiap ruangan dan ini kolaborasi yang kuat dan efektif atas bantuan beberapa pihak yang ada di Makassar serta ada beberapa daerah yang menjadi relawan dalam kegiatan ini," ungkapnya.

"Jadi setidaknya eurforia pelaksanaan KSM ini pertama selain silaturrahim sesama warga madrasah juga ajang untuk berbagi pelangalaman dan tips terkait bagaimana mengantarkan anak-anak sukses di KSM ini," tutupnya.