Kopertis I Sulit Sosialisasikan PTS Tak Miliki Akreditasi

Kopertis I Sulit Sosialisasikan PTS Tak Miliki Akreditasi

Medan (Suara Pembaruan)- Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh mengalami kesulitan dalam mensosialisasikan perguruan tinggi yang tidak memiliki izin atau akreditasi yang jelas.

Dalam rapat dengan Komisi E DPRD Sumut di Medan, Senin (9/2), Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh, Prof Dian Armanto, mengatakan, kesulitan tersebut disebabkan keterbatasan anggaran dalam sosialisasi.

Sebenarnya, informasi mengenai perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki izin dan akreditasi tersebut sangat diharapkan masyarakat.

Dengan informasi tersebut, diharapkan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan tidak salah dalam memilih PTS yang akan dimasukinya.

Namun disebabkan keterbatasan anggaran, pihaknya tidak dapat mempublikasikan daftar PTS yang layak dipertimbangkan sebagai lokasi pendidikan.

"Secara umum, anggaran untuk publikasi tersebut cukup besar," katanya.

Anggota Komisi E DPRD Sumut, Meilizar Latif, mengaku prihatin dengan minimnya informasi yang didapatkan masyarakat tentang kualitas berbagai PTS tersebut.

Kondisi itu menyebabkan banyaknya masyarakat yang sering kecewa karena tidak mengetahui kejelasan kualitas dan akreditasi PTS yang dimasukinya, apalagi telah mengeluarkan biaya yang cukup besar.

"Banyak yang menyesal setelah mengetahui. Ternyata nilai akreditasinya tidak sesuai dengan yang diharapkan," kata politisi Partai Demokrat itu.

Meski mengalami keterbatasan anggaran sosialisasi, tetapi Kopertis Wilayah I memiliki beberapa solusi bagi mahasiswa yang kecewan dengan PTS yang dimasukinya.

Menurut Prof Dian, mahasiswa yang menjadi korban dari ketidakjelasan akreditasi di PTS tertentu dapat dipindahkan ke program stusi lain atau kembali ke kelas yang legal.

"Setelah itu, didaftarkan ke pangkalan data," katanya.

Penulis: /EPR


Tags: