Pembukaan KSM 2022 Tingkat Provinsi Gorontalo

Pembukaan KSM 2022 Tingkat Provinsi Gorontalo

Gorontalo (Pendis)--Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi  Tahun 2022. Ajang bergengsi tahunan ini dipusatkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo.

Saat pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Syafrudin Baderung berpesan kepada para peserta untuk tetap menjaga persaudaraan sebagai keluarga besar Kementerian Agama, siapapun nantinya yang akan menjadi juara.

“Kompetisi Sains Madrasah ini menjadi ajang untuk mengukur Kualitas Madrasah, maka berkompetisilah dengan sehat dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas,” ujar Syafrudin, di Aula MTsN 1 Kota Gorontalo, Sabtu (10/09/2022)

Menurut Kakanwil, KSM ini merupakan ajang untuk para siswa berkompetisi yang mengkolaborasikan antara sains dengan konteks nilai-nilai kehidupan. Diharapkan disamping para siswa memiliki ilmu pengetahuan, iman menjadi fundamen atau dasarnya. Karenanya, kecerdasan yang dimiliki para peserta didik harus diimbangi dengan perilaku yang baik.

“KSM adalah event nasional, maka ini adalah kesempatan bagi peserta didik untuk berkompetesi dengan sepenuh hati dan menjadi yang terbaik untuk mewakili Provinsi Gorontalo ke tingkat Nasional nanti,” imbuh Kepala Kanwil Kemenag Gorontalo.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Asrul Lasapa melaporkan, bahwa KSM Tingkat Provinsi Tahun 2022 diselenggarakan selama dua hari tanggal 10 s.d 11 September 2022 dengan jumlah peserta 198 yang merupakan perwakilan madrasah se-Provinsi Gorontalo terdiri dari Madrasah Ibtidaiyyah (MI/SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP), dan Madrasah Aliyah (MA/SMA).

“Kegiatan kompetisi Sains Madrasah adalah ajang yang rutin digelar setiap tahun secara berjenjang mulai di tingkat madrasah, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional,” ujar Kabid Pendidikan Madrasah. Lebih lanjut, Asrul berharap para peserta yang mengikuti KSM agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan tekun serta menjunjung tinggi integritas untuk meraih prestasi terbaik.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah se-Provinsi Gorontalo, Para Pengawas Madrasah, serta Kepala MTsN 1 Gorontalo dan para peserta KSM yang berasal dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo bersama para pendamping.