MAN IC OKI

MAN IC OKI

Singapore (Pendis)--Robotic Innovations Challenge yang diselenggarakan oleh Nation University of Singapore (4/2). Tim yang terdiri dari Raja dan Kamal ini harus bersaing dengan peserta dari 5 negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Cina, dan Philifina. 

Di depan dewan juri, kedua peserta didik menjelaskan teknologi robot rakitannya yang diberi nama GRICO the Farmer Helper. Raja dan Kamal mempresentasikannya dengan bahasa Inggris di hadapan para professor dari Nation University of Singapore. 

GRICO merupakan robot ciptaan Raja dan Kamal di bawah bimbingan gurunya, Cipto Kurniawan.  Menurut Cipto, GRICO merupakan prototype robot yang ramah lingkungan dengan tugas membantu petani mengembangkan pertanian dengan memanfaatkan teknolgi berbasis IoT..

“Kita ikut pada bidang Innovation Creative Design, ini Open Category. Pesaingnya juga ada profesional”, jelas Cipto. 
Mendapatkan kabar ini, Kepala MAN Insan Cendekia OKI, Hj. Komariah Hawa mengungkapkan syukurnya. 
“Alhamdulillah, bendera Indonesia dan madrasah berkibar di Singapura. Luar biasa. Ini prestasi luar biasa”, ungkap Komariah. 

Menurut Komariah kompetisi robotic merupakan ajang bergengsi yang mengintegrasikan kecerdasan manusia dan teknologi . Pada posisi ini, peser ta didik MAN Insan Cendekia OKI merupakan insan yang disiapkan dengan cerdas dalam IMTAK dan IPTEKS. 

“Ini usaha kita semua Bapak Ibu guru. Semoga tercapai salah satu cita-cita Eyang Habibie.” Tambah Komariah. 
Tim Robotic Grico MAN IC OKI memang telah disiapkan sejak tahun 2023 untuk mengikuti ajang RIC tahun 2024 ini. Melalui ektrakurikuler robotic, peserta didik mendapatkan kesempatan pelatihan secara intensif setiap minggunya. Prestasi yang ditorehkan kali ini menjadi salah satu bukti hadirnya inovasi di madrasah yang mandiri berprestasi. 


Tags: # Madrasah