MA Al Hikmah 2 Brebes juara Debat Festival Debat di UNIDA Gontor

MA Al Hikmah 2 Brebes juara Debat Festival Debat di UNIDA Gontor

Brebes (Pendis) - Siswa Madrasah Kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini MA Al Hikmah 2 Brebes berhasil meraih juara satu lomba Debat Bahasa Arab Tingkat ASEAN. Even ini diselenggarakan oleh Kampus UNIDA Gontor.

Festival Dunia Arab (FDA) ke-4 tingkat ASEAN ini diselenggarakan kampus UNIDA Gontor bertepatan dengan Hari Bahasa Arab Internasional.  Festival ini diawali dengan acara kirab budaya yang diikuti ratusan peserta bersama para pembimbingnya dari berbagai daerah pada Sabtu (17/12/22).

Kegiatan tahunan ini dilaksanakan selama tiga hari dan dibedakan menjadi dua katagori yaitu tingkat mahasiswa dan tingkat siswa. Untuk peserta putra berada di kampus UNIDA Ponorogo sedangkan peserta putri bertempat di Ngawi.

Ada puluhan jenis cabang lomba yang semuanya berbahasa Arab seperti khitabah (pidato),  Musabaqah Qiraatul Kutub MQK (membaca kitab), Syi'ir, Munadzarah Ilmiyah (Debat Ilmiah) dll.

Dari ratusan jumlah peserta, tim debat putri MA Al-Hikmah 2 Brebes berhasil menyingkirkan lawan-lawannya dan memperoleh juara pertama.

Menurut Fatimah, salah satu peserta Debat MA AL HIKMAH 2 menyatakan kemenangan ini merupakan motivasi terbesar dan pantas diraih karena usaha yang sungguh-sungguh.

 "Kami sangat bersungguh-sungguh mempersiapkan lomba debat ini. Ini merupakan motivasi terbesar karena kita pernah kalah di perlombaan sebelumnya. Sekarang kekalahan tersebut sudah terbayar tuntas," ujarnya penuh semangat.

Sedangkan menurut Ashfa, bahwa kemenangan ini juga hasil dari latihan terus menerus dan tentunya atas bimbingan guru yang tidak kenal lelah mendampingi latihan. Bahkan harus bisa membagi waktu karena berbarengan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (PAS).

Sedangkan guru pembimbing debat, Sutanto mengatakan Event-event semacam ini akan terus diikuti dalam rangka membentuk mental juara. Terkait debat, kami punya mimpi untuk bisa berpartisipasi di ajang internasional di Qatar yang insya Allah taun ini pelaksanaannya sekitar bulan Juli.

“Kami menyiapkan dengan serius untuk event di ajang internasional tersebut. Kita ingin membuktikan pada dunia bahwa kita yang bukan native speaker, sebenarnya mampu berbicara dengan lancar seperti penutur aslinya" ungkapnya.

Selain lomba debat, MA AL HIKMAH 2 Brebes juga mendapatkan juara di cabang Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK.) Lujiya berhasil membawa piala juara dua. Ia mengatakan bahwa ini lomba pertama kali MQK tetapi penjelasannya dengan Bahasa Arab juga.

"Saya sangat senang dan bangga dengan capaian ini meskipun persiapannya terbatas dan saya harus menjelaskan apa yang saya baca dengan bahasa Arab juga. Biasanya penjelasan menggunakan bahasa Indonesia" kata Lujiya.

Mengomentari capaian terbaru ini, Kepala Madrasah Aliyah Al Hikmah 2,   Sulkhi, mengatakan Selamat dan sukses kepada para siswa yang menjadi juara. Ia juga menambahkan bahwa hasil tidak mengkhianati proses. Kemenangan yang diraih oleh para siswa bukan raihan yang bersifat instan. Ada proses panjang untuk meraih itu semua. Para siswa mendapatkan bimbingan dan arahan sejak kelas X sesuai bakat minatnya.

“Selamat kepada para siswa yang sudah berhasil memenangkan lomba Debat Bahasa Arab  dan MQK tingkat Asean. Ingat, kemenangan bukan menjadi  tujuan akhir, tetapi proses untuk menjadi pemenang adalah tujuan. Semoga kemenangan ini bisa menjadi inspirasi bagi para siswa yang lain, menjadi berkah bagi semua.”