Madrasah di Sumsel Cegah Penyebaran Covid-19, Produksi Hand Sanitizer

Madrasah di Sumsel Cegah Penyebaran Covid-19, Produksi Hand Sanitizer

Palembang (Pendis)- Beberapa madrasah di Wilayah Sumatera Selatan sudah dapat memproduksi Hand Santizer atau cairan pembersih tangan sesuai standar WHO (World Health Organization), diantaranya MAN IC OKI dan MAN 3 Palembang secara swadaya menggunakan bahan standar formula yang ditetapkan oleh WHO.  telah memproduksi hand sanitizer  sendiri.Ia sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Madrasah tersebut dalam mendukung melawan penyebaran Covid-19. Hal ini disampaikan Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Selatan, Saefuddin di Palembang, Sabtu (29/03/2020) usai mendampingi Kepala Bagian Tata Usaha  Kanwil Kemenag Sumsel, Abadil melakukan kunjungan ke salah satu Madrasah yang memproduksi hand sanitizer.

“Sejak  mulai merebak kasus Covid-19 dan terjadi kelangkaan cairan pembersih tangan dan adanya himbauan Kakanwil yang  menginginkan seluruh komponen ikut berpartisipasi melawan penyebaran Covid-19, siswa Madrasah mampu meracik secara swadaya dengan menggunakan bahan-bahan berdasarkan standar formula yang telah ditetapkan, yang selanjutnya diharakan dapat membantu penyediaan cairan pembersih tangan secara cuma-cuma”ucapnya.

Menurut Saefuddin, bahan dasar yang digunakan adalah alkohol, Aloe Vera (Lidah Buaya), Gliserol, H2O2, aquades serta bahan pengharum dan pewarna, yang peracikannya dibawah pengawasan ketat guru tentunya.

Selain itu, para siswa MAN 3 Palembang melalui Tim CK (Club Kimia) juga telah memproduksi cairan pembersih tangan. bahkantelah banyak yang melakukan pemesanan produksi siswa Madrasah tersebut, terang Saefuddin.

Melalui keterlibatan ini, menjadi wujud kepedulian  dan mengajak peran serta siswa untuk ikut berkontribusi dalam mencegah penyebaran virus corona, pungkasnya. (Hikmah)


Tags: