Madrasah Siapkan Pemimpin Masa Depan

Madrasah Siapkan Pemimpin Masa Depan

Kendari (Pendis)--Menjelang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 yang akan dihelat di Kendari, Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah mengadakan kegiatan  Monitoring Program/Kegiatan Direktorat KSKK Madrasah. Monitoring yang dilaksanakan pada 14-16 Mei di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari. Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit Kesiswaan,  Imam Bukhari. 

Dalam kegiatan ini, Imam Bukhari menyampaikan sejumlah poin terkait dengan semangat kesiswaan yang dibangun di lingkungan madrasah.

Imam Bukhari mengatakan, sejak awal, menjadi siswa madrasaKendari (Pendis)--Menjelang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 yang akan dihelat di Kendari, Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah mengadakan kegiatan  Monitoring Program/Kegiatan Direktorat KSKK Madrasah. Monitoring yang dilaksanakan pada 14-16 Mei di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari. Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit Kesiswaan,  Imam Bukhari. h musti memiliki niat untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan, yang turut menjaga  bangsa dan  agama.

“Menjadi siswa madrasah ini memiliki cara berpikir berbeda serta memiliki sikap dan tindakan yang senantiasa dihiasi dengan nilai-nilai religius. Artinya, semua kegiatan bisa diorientasikan sebagai ibadah yang memiliki dimensi ukhrawi,” imbuh Imam Bukhari. 

Dalam kesempatan itu disampaikan juga bahwa menjadi pemimpin tidak sekadar dilahirkan tapi dibentuk dan dipersiapkan. Kepemimpinan tidak cukup dibentuk di kelas, tapi lebih dari itu adalah aktivitas berorganisasi, seperti OSIM (Organisasi Siswa Madrasah), ektrakurikiler, kepramukaan, kepanitiaan dan sebagainya. 

Di hadapan siswa-siswi MAN 1 Kendari, Imam Bukhari juga menyampaikan bahwa menjadi pemimpin yang religius di masa mendatang musti  diperkaya pengetahuan dan pemahaman agama yang baik, yakni pemahaman agama yang tidak bertentangan dengan komitmen kebangsaan,  beragama yang toleran, anti kekerasan dan akomodatif sengan budaya. Budaya memperkaya nilai agama untuk menumbuh suburkan pengamalan agama. Jadi, jangan dipertentangkan. .[]


Tags: # madrasah