Raihatul Jannah bersama Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin MA PhD

Raihatul Jannah bersama Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin MA PhD

Banda Aceh (Pendis) --- Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Raihatul Jannah mempresentasikan hasil penelitiannya pada Konferensi Internasional SEMIRATA BKS PTN Barat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Medan.

Seminar Internasional dan Rapat Tahunan (SEMIRATA) BKS PTN Barat bidang Bahasa Sastra Seni dan Budaya berlangsung dari 25 hingga 27 Agustus 2023.

Dalam konferensi tahunan tersebut, Raihatul Jannah mempresentasikan paper dengan judul "Violence Against Women in Short Stories “Banâtul ‘Arabi Fî Israel” By Ali Tantawi; Study of Feminist Literature Criticism".

Paper tersebut merupakan hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa yakni Syarifuddin MA PhD, Raihatul Jannah dan Muhammad Erlangga Subekti.

Dalam pemaparannya dalam bahasa Inggris, Raihatul Jannah menjelaskan bahwa kajian ini menunjukkan kepiawaian Ali Tantawi dalam menceritakan kisah berdasarkan kisah nyata.

"Kisah ini ia baca dalam tulisan buku Prof. Namrul Khoti. Ali Tantawi bermaksud memberikan gambaran penderitaan yang dialami banyak perempuan Palestina," kata Raihatul.

lebih lanjut, Raihatul menjelaskan bahwa mereka seharusnya dicintai dan dihormati, namun mereka justru mengalami penderitaan yang tak terkatakan, dimulai dengan perampasan hak-hak mereka secara paksa dan pelecehan. Sebagaimana telah disebutkan, masyarakat umum harus menyadari bahwa hak asasi manusia di banyak negara lain masih jauh tertinggal.

Kajian ini didasarkan pada tinjauan terhadap kritik sastra feminis yang bertujuan untuk mendorong pembaca untuk menegakkan keadilan, khususnya bagi perempuan, sehingga perempuan secara alami mempunyai hak yang sama dengan orang lain dan kekerasan harus dihilangkan di seluruh dunia. Segala kekerasan dan penyiksaan, baik fisik, psikis, maupun ekonomi, yang sering terjadi di berbagai negara, harus dicegah. 


Tags: # SEMIRATA