Pembekalan dan Simbolis Keberangkatan

Pembekalan dan Simbolis Keberangkatan

Bangka (Pendis) - Pembekalan PPLK-KKN Integratif Internasional Thailand IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II, Dr. Masmuni. Dengan mengusung tema "Pengembangan Pendidikan Agama Islam berbasis Multikulturalisme berwawasan Internasional", pembekalan PPLK-KKN Internasional ini dilaksanakan pada Jumat, 1 September 2023 di Aula Fakultas Tarbiyah.

Dr. Soleha, Dekan Fakultas Tarbiyah dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan berharap kepada peserta untuk menggaungkan Indonesia di Thailand, “Alhamdulillah anak-anakku semua, peserta PPLK-KKN Internasional, harapan saya nanti anak-anakku inilah yang akan membawa nama baik Indonesia khususnya IAIN SAS Babel.  Gaungkan Indonesia, IAIN SAS Babel di Thailand. PPLK-KKN ini akan mengembangkan agama islam yang berbasis Multikulturalisme berwawasan Internasional dimanapun kita berada, jaga integritas kita sebagai masyarakat Indonesia”.

Beliau menegaskan bahwa, terlaksananya PPLK-KKN Internasional ini bukanlah hal yang spontan terjadi, melainkan telah dipersiapkan sebelumnya oleh Fakultas Tarbiyah dalam mendungkung program Rektor IAIN SAS Babel, terlebih lagi program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan prodi terlama dengan jumlah mahasiswa terbanyak, “Fakultas Tarbiyah Tarbiyah ini sebagai pembuka jalan untuk kegiatan PPLK-KKN Internasional berikutnya. Bukan hanya Fakultas Tarbiyah dan Prodi PAI saja, tapi seluruh Mahasiswa IAIN SAS Babel dapat melaksanakan PPLK-KKN Internasional”.

Tak lupa, Dekan Perempuan satu-satunya di IAIN SAS Babel itu pun mengucapkan terimakasih kepada 12 orang peserta PPLK-KKN Internasional, “kalian adalah wujud terlaksananya PPLK-KKN Internasional ini. Ayo saling menjaga,kalian semua adalah saudara. Saling komunikasi dan saling mengetahui kondisi kesehatan dan keadaan satu sama lain”, ungkap Soleha.

Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Masmuni menjelaskan bahwa PPLK-KKN Integratif Internasional Thailand ini merupakan rencana kita semua dalam meningkatkan akreditasi PAI, “kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi dengan baik kegiatan ini. Kami juga akan mensupport penuh PPLK-KKN ini. Saya akan kembali menghubungi pimpinan pusat demi terselenggaranya PPLK-KKN Internasional di Thailand ini”, tegas  Masmuni.

Pembekalan PPLK-KKN di Thailand ini, mengundang langsung Ketua yayasan Al-Hidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development Thailand, yaitu Adul Meatam, M. IRKH., Ph. D. sebagai salah satu pemateri yang menyampaikan Pengenalan budaya dan pendidikan di Thailand kepada 12 peserta dari IAIN SAS Babel.

Pemateri lainnya adalah Wakil Rektor II, Dr. Masmuni yang menjelaskan terkait Teknik KKN Internasional, sedangkan materi mengenai Teknik PPLK Internasional dijelaskan oleh Dr. Subri yang juga merupakan Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah.

Peserta PPLK-KKN Integratif Internasional Thailand IAIN SAS Babel akan ditempatkan di 2 Sekolah yang berbeda, yaitu Santiwittaya School Pattani bagi Putra dan Pattanawittaya School Yala bagi Putri. Kedua sekolah ini berada dibawah Yayasan Al-Hidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development, yang diketuai oleh Adul Meatam, M. IRKH.

Pembekalan PPLK-KKN Integratif Internasional Thailand dilaksanakan secara Hybrid (tatap muka dan daring melalui Aplikasi Zoom Meeting) dan dihadiri langsung oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, Kabag TU, Para Kepala Program Studi dan Kepala SPI, serta perwakilan dari unit-unit di IAIN SAS Babel.