Mahasiswa Prodi BKI IAIN SAS Babel Kunjungan Belajar Ke Masjid Agung Sungailiat

Mahasiswa Prodi BKI IAIN SAS Babel Kunjungan Belajar Ke Masjid Agung Sungailiat

Bangka,(Pendis). Sebanyak 25 mahasiswa/i pada mata kuliah Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Program studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan kunjungan Masjid Agung Sungailiat, yang  beralamat di jalan Ahmad Yani, kecamatan Sungailiat, kabupaten Bangka untuk melakukan kunjungan belajar terkait pemberdayaan ataupun pengembangan masyarakat islam yang dilakukan oleh Masjid Agung Sungailiat yang dilaksanakan di ruang sekretariat masjid. Senin Pagi 05/06/2023 yang lalu.

H. Musa, M.Kom.I selaku Dosen KPI yang mengampu mata kuliah Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) menyampaikan bahwasaannya kegiatan tersebut tidak hanya sekedar kunjungan saja, ia berharap dengan adanya kunjungan ke Masjid Agung Sungailiat ini dapat menambah wawasan mahasiswa/i Prodi Bimbingan dan Konseling Islam terkhusus mahasiswa/i semester 2. Pada kunjungan ini mahasiswa/i BKI belajar  terkait manajemen pemberdayaan masyarakat, serta fungsi maupun sejarah dari Masjid Agung Sungailiat yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Pengelolaan – Masjid Agung Sungailiat (BPP-MAS) terkhusus mahasiswa/i semester 2.

H. Matzen Matyasin selaku Wakil Ketua BPP-MAS yang merupakan salah satu narasumber dalam kegiatan kunjungan ini memberikan penjelasan tentang sejarah berdirinya masjid, fungsi masjid terkait pemberdayaan masyarakat dismaping sebagai tempat ibadah mahdhoh dan ghairu mahdoh , kegiatan yang dilaksanakan Masjid, manajemen masjid, landasan yuridis formal masjid, struktur kelembagaan, serta pengelolaan kas masjid.

Ia juga menuturkan sangat senang dengan kunjungan generasi muda mahasiswa. “Alhamdulillah Atok sangat senang sekali dengan kunjungan kalian para anak muda terutama lagi kalian sebagai mahasiswa dari jurusan islam yang nantinya akan meneruskan dakwah islam”. Ujar H. Matzen. Tak lupa juga di penghujung acara dibuka dengan sesi tanya jawab oleh mahsiswa/i BKI kepada BPP-MAS selaku narsumber pada kegiatan ini.

Ia mengatakan Masjid Agung Sungailiat berada langsung dibawah naungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka, yang langsung diawasi oleh Sekertaris Daerah selaku penasehat. Masjid agung beridri pada tahun 1985 dan telah mengalami bebrapa kali proses pembangun. Selain itu Masjid Agung Sungailiat mempunyai koperasi Al-Barokah dan perkebunan sawit untuk pemasukan kas masjid selain dari infaq dan shodaqoh serta sebaghai sarana pemberdayaan masyarakat. Selain itu masjid juga bekerjasama dengan RRI Sungailiat sebagai sarana media dakwah.

Yogi selaku ketua kelas , mewakili teman-teman lainnya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak BPP-MAS karena telah menerima kedatangan mereka dalam rangka kunjungan belajar terkait pemberdayaan masyarakat. “Saya selaku ketua kelas dan mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak masjid yang telah menerima kami, dan hal ini merupakan pengalaman yang kuar biasa bagi kami”. Ujar-Nya.

Harapannya mahasiswa prodi BKI IAIN SAS Bangka Belitung dapat memahami manajemen pemberdyaan masyarakat. Dipenghujung acara dilanjutkan dengan kegiatan sesi foto bersama mahasiswa/i prodi BKI beserta dosen pengampu dengan narasumber dari pengurus masjid, dan di lanjutkan dengan sholat zuhur berjama’ah.