Mahasiswa STAIN Meulaboh Ikuti Magang Internasional di Thailand

Mahasiswa STAIN Meulaboh Ikuti Magang Internasional di Thailand

Meulaboh (Pendis) -- Sebanyak 11 mahasiswa Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, saat ini tengah mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) internasional di Thailand.

Mereka akan melaksanakan PPL selama 1 bulan, mulai 1-30 September 2023 di Warraphat School, Hat Yai, Provinsi Songkhla, Thailand.

Ketua STAN Meulaboh Dr H Syamsuar MAg mengatakan bahwa kegiatan PPL internasional yang perdana dilaksanakan ini merupakan bagian program internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN). Salah satunya melalui Magang berskala internasional.

"PPL di Thailand tentunya akan menjadi pengalaman hidup yang sangat berharga bagi para mahasiswa. Harapannya semoga selama berada di sana dapat menjadikan program PPL internasiona ini menjadi awal pengembangan diri," kata Syamsuar dalam keterangan tertulis, Minggu (3/9/2023) di Thailand.

Syamsuar berpesan agar selama melaksanakan PPL, mereka dapat melakukan pengabdian dengan sepenuh hati serta mampu menjaga etika dan sikap, menjaga nama baik almamaternya.

"Buatlah momen berharga selama mengabdi dan berikan transfer knowledge kepada adik-adik di sana dengan sepenuh hati, tentunya dalam bingkai Syariat Islam," harapnya.

Ke depannya, Syamsuar berharap akan banyak mahasiswa dan dosen STAIN Meulaboh terlibat pada kegiatan kegiatan Internasional lainnya, seperti program student mobility, riset kolaborasi yang melibatkan mahasiswa dan dosen serta pengabdian masyarakat.

Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Dr Hasnadi, melalui Sekretaris, Junias Zulfahmi, berharap mahasiswa STAIN TDM dapat menjadikan kegiatan ini sebagai momen dalam pengembangan diri mahasiswa dan pengalaman yang berharga dalam mengaplikasikan pengetahuan mereka di level internasional. Pada tahun berikutnya, Jurusan Tarbiyah dan Keguruan akan meningkatkan kerjasama dengan beberapa sekolah lainnya di Thailand dan Malaysia.

"Ditambah lagi ini PPL Internasional perdana yg kami laksanakan di Jurusan Tarbiyah dan Keguruan tentunya mendapatkan dukungan penuh dari civitas akademika STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh," ungkap Junias.

Ia menambahkan, peserta yang berangkat PPL itu juga selalu didampingi dan dibina terus menerus oleh Dosen pada Jurusan, yaitu Sullati Armawi, dan Faizatul Husna

Adapun mereka yang melaksanakan PPL di Thailand diantaranya dari Program Studi (prodi) Tadris Bahasa Inggris (TBI) sebanyak 8 orang, yaitu Sri Arafarianda, Ainul Mardhiah, Liasya Putri Ananda, Raudha Tuljanah, Mauliana Putri, Oja Warisman, Desi Ratna Sari dan Cut Fachrena.

Selanjutnya dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ada 2 orang, yaitu Nurhida Yanti dan Fuja Meidiffira. Kemudian dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) sejumlah 1 orang, yaitu Irna Safitri.