Mahasiswa UIN SU Juara 1 MHQH Tingkat ASEAN dan Pasifik 2019

Mahasiswa UIN SU Juara 1 MHQH Tingkat ASEAN dan Pasifik 2019

Jakarta (Pendis) - Salah satu mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), Ahmad Rizki Maulana mengukir prestasi mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional. Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam ini berhasil meraih Juara I pada lomba Musabaqah Tahunan Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su`ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 Tahun 1440H/2019M untuk cabang hapalan 20 juz.

Gelaran tahunan yang merupakan hasil kerjasama atase Agama Arab Saudi di Jakarta dan Kementerian Agama yang diikuti peserta dari beberapa negara kawasan ASEAN dan Pasifik tersebut ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menag Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (14/03).

"Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT karena bisa mewakili Indonesia pada ajang internasional ini dan menjadi juara pertama di ajang Asia Pasifik tahun 2019 ini. Semoga prestasi ini dapat mengharumkan nama Indonesia, khususnya mengharumkan nama UIN SU," ujar mahasiswa semester dua yang berasal dari kota Medan ini.

Perlombaan ini sangat kompetitif. Peserta lain yang berasal dari 28 negara di dunia memiliki kualitas yang sangat baik. Tidaklah mudah baginya umtuk bersaing dengan para hafiz dari 28 negara dengan kualitas yang sangat baik dari segi hafalan dan tajwidnya, tutur Rizki saat nama para pemenang diumumkan dalam jamuan makan malam pada saat acara penutupan MHQH Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su`ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 Tahun 2019 M/1440 H di Ritz Charlton, Jakarta, Kamis (14/03) malam.

Menurut pengakuan anak ke-2 dari 3 bersaudara pasangan dari Deni Iskandar dan Salmawati itu, persiapan yang singkat dan kewajiban menampilkan performance terbaik merupakan tantangan terberat yang harus dilaluinya.

Atas prestasinya yang telah diukirnya itu, Rizki memperoleh hadiah haji dan sejumlah uang yang diserahkan Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Rektor UIN SU Medan Saidurrahman menyampaikan mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih salah satu peserta didiknya. "Kami turut bangga dan berterimakasih atas prestasi di kancah internasional ini, semoga menjadi motivasi dan contoh bagi mahasiswa lainnya, terlebih mahasiswa UIN SU," ucapnya.

Saidurrahman berharap dapat terus melakukan program pembinaan kepada mahasiswanya, agar mampu menoreh prestasi mengharumkan nama kampus baik di tingkat nasional maupun internasional. (Hikmah/dod)


Tags: