MAN 1 Banda Aceh Juara Umum Aceh Science Competition 2024.

MAN 1 Banda Aceh Juara Umum Aceh Science Competition 2024.

Banda Aceh (Pendis) - MAN 1 Banda Aceh berhasil meraih Juara Umum Aceh Science Competition (ASC) tingkat SMA/MA Tahun 2024, dengan meraih 5 emas, 7 perak, dan 10 perunggu. Ajang olimpiade rutin yang memperebutkan Piala Gubernur Aceh tersebut dilaksanakan di AAC Dayan Dawood, USK, Minggu (25/2/2024).

Medali emas diraih oleh Salsabilla Dusuqi (Ekonomi), Dita Azzuhra (Bahasa Inggris), Cut Atikah Ramadhani (Matematika), Faresya Hasenna dan Khansa Balqis Aryanza (Biologi).

Medali perak diraih oleh Muhammad Rafi Rahman dan Fissilmi Kaffah (Biologi), lalu Muhammad Rafif Habibi, Fathan Septiando Defad, dan Alifa Putri Chaida Fatiha (Ekonomi), Rafid Khaulika (Matematika), dan Qathrunnada Azka (Bahasa Inggris).

Kemudian medali perunggu diraih oleh M Reza Fahlevi Lubis, Azkiya Aula, M Alfi Khairi, dan Faral Ghasya Alvara (Fisika), Ghazy Al Harits dan Ridwan Athif (Matematika), Cut Ghina Asmaratul Adni dan Nashifa Fitria, (Ekonomi), Silma Ratu Syahrana, (Biologi), serta Cut Anya Yunita (Bahasa Inggris).

ASC 2024 tingkat SMA/MA terdiri dari lima bidang studi, yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Bahasa Inggris.

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Dr Nursiah SAg MPd, memberikan apresiasi kepada para siswa dan tim.

"Alhamdulillah kita membawa pulang Piala Gubernur Aceh, prestasi ini tentu membanggakan kita semua, terutama insan madrasah. Terima kasih kepada anak-anak dan tim yang telah berjuang dan bekerja keras mengharumkan nama madrasah di Aceh," ujarnya.

Nursiah menambahkan, selama ini MAN 1 Banda Aceh sangat konsen terhadap program pengembangan olimpiade. 

"Kelas Olimpiade merupakan salah satu program unggulan utama di MAN 1 Banda Aceh yang kami bentuk empat tahun lalu. Mereka dibimbing sesuai dengan minat dan bakatnya, yang disiapkan untuk berkompetisi sedini mungkin," pungkasnya. (AF/Amru Sujud)